Home

/

Investor & GCG

/

Berita Investor

/

XL Akuisis...

XL Akuisisi AXIS, Pimpin Konsolidasi Industri Yang Akan Menguntungkan Pelanggan, Industri Telekomunikasi dan Seluruh Stakeholders



Jakarta, 26 September 2013 PT XL Axiata Tbk (XL) sepakat untuk mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia (AXIS), melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement  - CSPA) dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment B.V. (Teleglobal), yang merupakan anak perusahaan STC. Aksi korporasi ini diharapkan dapat mendorong konsolidasi yang akan mendukung pertumbuhan industri telekomunikasi di Indonesia yang lebih sehat secara jangka panjang serta, yang lebih penting lagi, membuat XL mampu untuk memberikan kualitas layanan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan.
 
Akuisisi ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi para pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya (stakeholders). Dengan akuisisi ini, pelanggan akan mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik termasuk kapasitas dan cakupan jaringan yang lebih luas.
Dalam transaksi ini, XL akan membayar nilai nominal saham yang disepakati dan akan membayar sebagian dari hutang dan kewajiban AXIS. 
 
Kesepakatan Perjanjian Jual Beli Bersyarat ini meliputi:
  • Teleglobal akan menjual 95% saham di AXIS kepada XL
  • 100% nilai perusahaan AXIS dinilai sebesar USD 865 juta, dengan catatan buku AXIS bersih dari utang dan posisi kas nol (cash free and debt free)
  • Harga Pembayaran akan digunakan untuk  membayar nilai nominal saham AXIS,, serta membayar hutang dan kewajiban AXIS
  • Penyelesaian transaksi akan dilakukan setelah terpenuhinya kondisi yang disepakati antara lain:
    • Diperolehnya persetujuan dari instansi pemerintah terkait.
    • Persetujuan pemegang saham XL melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB)
    • Tidak ada perubahan dari kepemilikan spektrum.
 
Transaksi ini akan mengatasi permasalahan yang dihadapi XL saat ini dan memberikan kapasitas tambahan bagi XL yang akan bermanfaat bagi  para  stakeholders.
 
Manfaat akusisi AXIS oleh XL ini adalah sebagai berikut:
  • Lebih dari 65 juta pelanggan akan diuntungkan melalui kualitas layanan yang lebih prima dan cakupan jaringan yang lebih luas
  • Transaksi ini akan mendukung pengembangan industri telekomunikasi Indonesia sekaligus menjadi referensi untuk ekspansi bisnis yang berfokus pada pertumbuhan dan belanja modal yang efisien
  • Mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Rencana Broadband Nasional
  • Mengatasi permasalahan yang dihadapi XL melalui tambahan  kapasitas spektrum untuk XL, , dan setelah transaksi ini mendapatkan persetujuan dari instansi pemerintah terkait , akan:
    • Meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan memaksimalkan jaringan secara signifikan baik untuk 2G maupun 3G
    • Pendayagunaan aset yang lebih baik, terutama untuk menara BTS XL dan peralatan jaringan, dengan pengurangan signifikan pada belanja modal (CAPEX) dan belanja operasional (OPEX)
  • Memperkuat posisi XL sebagai salah satu operator terdepan di industri, dengan operasi dan skala bisnis yang lebih besar, melalui:
    • Jumlah pelanggan dan komunitas yang lebih besar
    • Layanan data yang lebih kuat dan efektif untuk segmen anak muda
    • Bisnis yang saling menguntungkan antara XL dan AXIS yang memungkinan sinergi terhadap pendapatan dan efisiensi biaya di berbagai area
 
Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi mengatakan, “XL berkomitmen untuk senantiasa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan yang akan segera menikmati keuntungan dari transaksi ini. Dengan akuisisi AXIS (layanannya diluncurkan pada April 2008 dan saat ini terdapat di pulau-pulau besar di Indonesia), XL akan mengukuhkan posisinya sebagai salah satu operator terdepan di industri sekaligus memperkuat kepemimpinannya di layanan data mobile. Kami yakin seluruh pemain di industri sepakat bahwa konsolidasi harus terjadi di industri telekomunikasi. Hal ini akan dapat terwujud dengan adanya inisiatif perusahaan seperti XL yang memilliki kemauan dan kemampuan untuk mempercepat perkembangan layanan telekomunikasi yang berkualitas di Indonesia. Lebih dari itu, XL berkomitmen untuk berinvestasi di generasi selanjutnya dari teknologi mobile dan mendorong tumbuh kembangnya industri telekomunikasi menjadi ekosistem yang lebih sehat. Kami akan selalu mematuhi semua peraturan dan perundangan yang berlaku, serta berkonsultasi dengan instansi pemerintah terkait dan para pihak yang berwenang lainnya selama proses akuisisi berlangsung.”
 
Dengan pertumbuhan PDB Indonesia rata-rata 6% per tahun, peran layanan telekomunikasi menjadi makin strategis. Layanan telekomunikasi tidak lagi hanya membantu masyarakat terkoneksi satu sama lain, tetapi juga mendorong peningkatan produktifitas, terutama dengan layanan data mobile yang meningkat sekitar 100 persen dalam setahun terakhir.
 
Akuisisi ini akan menjadikan XL sebagai operator layanan data yang semakin kuat dan handal serta mampu menangkap peluang di layanan data mobile yang masih besar dan bertumbuh cepat.
Kedua operator memiliki rencana integrasi yang matang didukung oleh tim yang kuat. Setelah mendapatkan persetujuan instansi pemerintah terkait, XL akan melaksanakan integrasi dan sinergi yang terencana, berbekal rekam jejak yang solid XL dalam eksekusi dan kepemimpinannya dalam pengelolaan biaya.
Merril Lynch (Singapore) Pte. Ltd. (Bank of America Merril Lynch) bertindak sebagai penasihat keuangan dari XL  untuk transaksi ini.
 
 
Tentang XL
XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,5%) dan publik (33,5%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Idea (India), Celcom (Malaysia), M1 (Singapore), SIM (Thailand), ,dan Dialog (Sri Lanka).
 
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Turina Farouk
Vice President Corporate Communications XL   
Telp      : 0817 010 8000
Email    : TurinaF@XL.co.id