Home

/

Ruang Media

/

Jaringan X...

Jaringan XL dukung Pariwisata Belitung


 
 
Tanjung Pandan, 11 Oktober 2011. Kualitas jaringan akan menjamin ke besarnya manfaat layanan bagi pelanggan. Guna memastikan kualitas jaringan XL di Sumatera dan kepulauan, PT XL Axiata Tbk (XL) melakukan serangkaian uji jaringan di sejumlah kota besar pada September - Oktober 2011. Kegiatan ini terutama untuk membuktikan kemampuan dan kesiapan jaringan XL untuk komunikasi data. Khusus di Belitung, uji jaringan ini termasuk juga memastikan bisa turut mendukung industri pariwisata setempat secara umum, termasuk acara Sail Wakatobi – Belitung.
Tour Uji jaringan hingga saat ini sudah diselenggarakan di Batam, Medan, dan di Belitung. Di Batam, pengujian dilakukan di Nagoya Hill, 16 September 2011. Pengujian dengan menggunakan modem dan BlackBerry Bold 9700 Smartphone Onyx. Dengan modem, XL berhasil mengunduh (download) file dengan kecepatan masing-masing 0,6 Mbps (tes 1), 0,69 Mbps (tes 2), dan 0,77 Mbps (tes 3). Sementara itu dengan menggunakanBlackBerry Bold 9700 Smartphone, XL berhasil mengunduh film tipe 3GP berukuran 17,8 MB dalam waktu singkat. Kecepatan unduh XL untuk ini mencapai 42,3 Kbps. Hasil yang dicapai XL mengungguli kinerja operator lain yang juga dipakai sebagai pembanding.
 
Sementara itu di Medan, pengujian dilakukan di Cambridge Mall, 22 September 2011. Dengan menggunakan Modem, BlackBerry, dan Smartphone, XL berhasil unggul dibandingkan dengan provider lain. Menggunakan modem, XL mempunyai kecepatan mengunduh 0,71 Mbps, kecepatan mengunggah (upload) 0,35 Mbps. Menggunakan BlackBerry, saat mengunduh film dengan kapasitas file yang sama, kecepatan unduh via jaringan XL mencapai 95,3 KBps atau  762 Kbps.
 
Sedangkan di Belitung, pengujian jaringan dilakukan di Lor In Beach Resort, Tanjung Tinggi, akhir pekan lalu dengan menggunakan Modem dan BlackBerry. Sama halnya dengan kota-kota lainnya yang sudah dijajal, XL kembali unggul dalam hal penggunaan data. Menggunakan BlackBerry dan Modem di jaringan 3G, XL mampu mendownload dengan kecepatan 118 Kbps dan upload 333 Kbps. Sedangkan operator lain nihil. Menggunakan modem, dengan layanan XL 2G mendownload dengan kecepatan 66 Kbps dan upload 51 Kbps, sedangkan operator lain mendownload hanya 23 Kbps dan upload 30 Kbps. Sama halnya dengan operator lainnya yang hanya memiliki kecepatan untuk mendownload 48 Kbps dan upload 24 Kbps.
 
XL Dukung Parawisata di Bangka Belitung
Seiring dengan diluncurkannya pekan pariwisata Sail Wakatobi Belitung dan terus bertumbuhnya pelanggan telekomunikasi selular di wilayah Bangka Belitung, PT XL Axiata Tbk (XL)  terus melakukan inovasi untuk meningkatkan dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan, termasuk dalam hal penambahan fasilitas jaringan 3G. Dari total populasi penduduk Bangka Belitung yang lebih dari 1.250.000 jiwa, XL masih menguasai lebih dari 50% pasar telekomunikasi selular di wilayah Bangka Belitung.
 
VP XL Regional Sumatera, Agus P Simorangkir mengatakan bahwa, “XL sudah hadir di Bangka Belitung sejak September  2003 dan mengawali layanannya pertama kali di daerah Muntok, Bangka. Secara bertahap,  XL terus memperluas jangkauannya di kepulauan Bangka dan Belitung, termasuk daerah-daerah lain yang saat ini tengah dalam tahap pembangunan insfrastruktur. Berbagai upaya kami tempuh agar masyarakat di Belitung dan Bangka yang tersebar di banyak pulau bisa menikmati layanan telekomunikasi selular sehingga bisa mendorong kemajuan perekonomian daerah. Hari ini, XL mengoperasikan layanan jaringan 3G baru di lokasi wisata tempat berlangsungnya acara Sail Wakatobi Belitung, diantaranya di daerah Tanjung Binga, Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi dan beberapa tempat di Kota Tanjung Pandan. XL merupakan satu-satunya operator telekomunikasi yang menyediakan layanan 3G di lokasi tempat berlangsungnya Sail Wakatobi – Belitong. ‘From Belitong to The World’. Ini merupakan komitmen XL untuk mendukung program pariwisata daerah yang sedang giat-giatnya dilakukan oleh pemerintah” katanya.
Agus Simorangkir menambahkan, XL juga memberikan manfaat lebih bagi masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan yang tinggal di pulau-pulau yang tersebar di BaBel. Mereka akan lebih mudah memantau harga komoditas hasil tangkapan laut. Layanan video call dan akses data yang cepat.
 
Untuk menjamin kenyamanan para tamu dan undangan serta masyarakat yang hadir dan ikut memeriahkan pekan pariwisata Sail Wakatobi Belitung yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI pada pekan kedua bulan Oktober 2011, XL sudah menyiapkan infrastruktur jaringannya yang saat ini didukung oleh 325 BTS (3G/2G). Pada acara Uji Jaringan Telekomunikasi yang berlangsung hari ini (06/10) di Lor In Beach Resort, Tanjung Tinggi, Belitung, XL juga menunjukkan kepada masyarakat Belitung layanan video call yang dilakukan oleh VP XL Regional Sumatera, Agus P Simorangkir dan GM Sales Operation XL – Southern Sumatera, Dodyk Supriyono.
 
Hal ini membuktikan bahwa jaringan 3G XL sudah Siap. Kedepannya XL akan terus mengembangkan cakupan jaringannya di Belitung dan Bangka hingga sanggup melayani 95 % populasi penduduk. Sampai akhir tahun 2011, XL akan menambah beberapa titik BTS 3G di seluruh Kepulauan Bangka Belitung.
 
Saat ini jaringan fiber optic milik XL adalah yang memiliki bandwith terbesar dan membentuk ring melingkar di wilayah Bangka dan Belitung. Terbentang dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut dari Belitung ke Jakarta dan Sungai Liat - Bangka, hingga ke Jambi, Batam dan tersambung ke jalur Internasional melalui Malaysia dan Singapura yang masing-masing mempunyai kapasitas sebesar 8 λ (lambda) setara dengan 74 juta sambungan percakapan telepon secara langsung dan bersamaan. Selain itu XL juga memiliki jalur backbone internasional yang tersambung ke jaringan internasional melalui Malaysia. Hal ini memungkinkan masyarakat dan pelanggan XL di Bangka Belitung tetap nyaman menggunakan layanan telekomunikasi dari XL.