Home

/

Ruang Media

/

Pesta RBTd...

Pesta RBTdan iRing


Hidupkan Kembali Industri Content Indonesia
INDOSAT – XL LUNCURKAN PESTA RBT & iRING
 
 
Jakarta, 5 Desember 2012, Setahun setelah adanya Surat Edaran (SE) Nomor 177/BRTI/X/2011, Industry content digital terus berusaha untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap layanan Value Added Service, salah satunya layanan Ring Back Tone dan iRing. Meskipun RBT dan iRing bukan bagian dari layanan Value Added Service; melainkan bagian dari basic product operator; tapi dampak dari SE tersebut juga terasa bagi seluruh pelaku industri musik digital. Untuk meningkatkan kembali animo pelanggan terhadap layanan RBT dan iRing, pihak Operator secara intensif terus berdialog dengan pihak regulatory dan merapatkan diri dengan seluruh pelaku bisnis musik digital untuk menemukan cara terbaik dan tercepat untuk membangun kembali industri musik digital.
 
Sebagai salah satu bentuk nyata dari usaha untuk build back industri musik digital, PT XL Axiata (XL) dan Indosat bekerjasama dengan 12 record labels meluncurkan program PESTA RBT (ring back tone) dan iRing melalui single access UMB *919#. Melalui kerjasama ini, mereka berharap industri konten digital, terutama musik digital akan bisa segera recovery ke kondisi sebelum SE BRTI itu diterbitkan. Peluncuran program ini dilakukan pada hari Rabu (5 Desember 2012) di Jakarta dan dihadiri oleh jajaran Management dari PT. XL Axiata,Tbk., PT. Indosat, TbK., dan para pimpinan record labels.
 
Joy Wahjudi, Direktur Marketing XL, “Program PESTA RBT dan iRing ini dibuat untuk mendukung dan membangun industri musik digital untuk lebih cepat kembali ke kondisi semula dan meningkatkan animo masyarakat atas layanan RBT dan iRing. Dengan adanya satu kode akses, diharapkan pelanggan akan lebih mudah untuk menikmati layanan Ring Back Tone (RBT) dan iRing, tentunya dengan tetap memperhatikan segi transparansi dan keamanan bagi pelanggan. Seluruh pelaku bisnis musik digital masih commit untuk memberi yang terbaik kepada pelanggan.”
 
Sementara itu Erik Meijer, Director & Chief Marketing Officer Indosat mengatakan, “Inisiatif Indosat dan XL meluncurkan program Pesta RBT dan iRing tidak hanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, namun juga untuk menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat dan pelanggan dengan menghadirkan kembali layanan ini dengan lebih berkualitas, mudah dan aman sehingga masyarakat dan pelanggan merasa lebih nyaman dan tidak ragu-ragu lagi dalam menggunakan layanan ini.”
Program PESTA RBT dan iRing ini memberikan sejumlah hadiah kepada pelanggan dan masyarakat dengan cara mengaktifkan layanan RBT dan iRing dan telah dikonsultasikan dengan pihak Depsos. Melalui beberapa sosialisasi yang dilakukan oleh Depsos, RBT dan iRing adalah salah satu layanan yang kembali diperbolehkan untuk melakukan undian gratis berhadiah.
Pihak penyelenggara menyediakan hadiah berupa puluhan motor, ratusan handset (android dan BlackBerry), ribuan pulsa. Program RBT dan iRing ini akan berlangsung selama 3 bulan, mulai 5 Desember 2012 s/d 5 Maret 2013.
 
Detil hadiah adalah sbb:
     1. Periode 1 : 300 pulsa @25K untuk 400 pemenang, 25 unit HP/Tablet Android untuk 25
     2. pemenang, 10 unit Blackberry untuk 10 pemenang
     3. Periode 2 : 300 pulsa @25K untuk 400 pemenang, 25 unit HP/Tablet Android untuk 25 pemenang, 10 unit Blackberry untuk 10 pemenang
     4. Periode 3 : 400 pulsa @25K untuk 400 pemenang, 25 unit HP/Tablet Android untuk 25 pemenang, 10 unit Blackberry untuk 10 pemenang
     5. Grand prize adalah 12 unit motor untuk 12 pemenang.
 
Hadiah akan diundi dari pelanggan yang ikut serta dalam program Pesta RBT dan iRing ini.
 
Cara mengikuti program berhadiah ini sangat mudah, yaitu dengan cara mengaktifkan 12 RBT unggulan yang ada di USSD Menu Browser (UMB) *919#.
 
Tarif yang berlaku adalah tarif mingguan regular yang berlaku di XL dan Indosat, dengan detil Rp. 3.300/minggu (termasuk Pajak) untuk XL dan Rp. 3190/minggu untuk Indosat.
 
Sebanyak 12 partner record labels berpartisipasi dan mendukung penuh program ini. Mereka adalah Pelangi Musik, Universal Music Indonesia (UMI), Aquarius, Emotion, Warner Music Indonesia, Sony Music, Musica, Alfa Records, Virgo, Nagaswara, Trinity, dan Sani Music. Tidak hanya record labels, para artist yang terlibat juga menyatakan komitmen dan dukungannya untuk mensukseskan program ini.
 
Semua pihak, baik operator dan record labels berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, termasuk menjamin keamanan kepada pelanggan. Dengan menggunakan single kode akses UMB dan memberikan informasi secara lengkap serta transparan mengenai mekanisme layanan (tarif, periode, cara untuk UNSUB yang mudah dan jelas), diharapkan animo dan tingkat kepercayaan pelanggan bisa tumbuh kembali. Selain itu, informasi terkait layanan RBT dan iRing juga akan disampaikan melalui berbagai macam channel /media, seperti media internal telco, WEB, WAP, POS material yang ada di outlet, informasi di cover album CD, dan media digital (facebook dan twitter). Tidak ketinggalan, akan tersedia layanan customer service 24 jam.
 
Tentang Indosat
 
Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan jasa selular, fixed line, komunikasi data dan internet. Di akhir 2011, perusahaan memiliki lebih dari 50 juta pelanggan seluler melalui berbagai merek layanan antara lain Indosat Mobile, IM3, Mentari dan Indosat Internet. Indosat mengoperasikan layanan SLI melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall 01016. Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia. Indosat adalah anak perusahaan dari Qtel Group. Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT) dan saham dalam bentuk American Depositary Shares tercatat di Bursa Efek New York (NYSE:IIT).
 
Tentang XL
 
XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,549%) dan serta publik (33,451%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka).
 
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Turina Farouk
Public Relations Division
Vice President Corporate Communications XL
PT Indosat Tbk
Telp : 0817 010 8000
Telp : 62-21-30442614
Email : TurinaF@XL.co.id
Fax : 62-21-30003754
E-mail : publicrelations@indosat.com
Website : www.indosat.com