XL Asuransi

 
 
Nikmati Asuransi GRATIS hingga Rp 5 Juta, cukup dengan menggunakan pemakaian pulsa XL minimal Rp 30.000 / bulan.

Bagaimana cara pendaftarannya?


Image - SMS Registrasi XL Asuransi

 

Apa sih keuntungan XL Asuransi?


  • GRATIS 
    • Anda berhak mendapatkan klaim XL Asuransi tanpa premi. Cukup dengan menggunakan pemakaian pulsa XL sesuai nominal tertentu tiap bulan.

  • MUDAH
    • Penerima asuransi cukup membawa sertifikat kematian. Identitas penerima dan dokumen yang menunjukan hubungan dengan pendaftar asuransi, dapat langung diproses.

  • TERPERCAYA
    • Anda bisa mendatangi XL Center atau menghubungi Customer Service kami setiap saat untuk informasi maupun proses klaim.

Nilai Perlindungan Asuransi


Pemakaian Minimum / Bulan Perlindungan Asuransi / Bulan Total Perlindungan
Rp 30 Ribu

Rp 500 Ribu

Rp 40 Ribu

Rp 750 Ribu

Rp 5 Juta

Rp 50 Ribu

Rp 1 Juta

Perlindungan XL Asuransi ditanggung oleh PT Equity Life Indonesia & bekerja sama dengan BIMA.

 

Registrasi XL Asuransi


Cara Pendaftaran via *123*500#

XL Asuransi UMB ID

Cara Pendaftaran via SMS

Image - XL Asuransi - via SMS

 

Proses Klaim


image xl asuransi claim
 

Syarat & Ketentuan dan FAQ


 

Syarat & Ketentuan >

  1. Berlaku untuk semua pelanggan pra-bayar XL (kecuali karyawan XL, pelanggan XL Turis, pelanggan HAURAA, pelanggan M2M dan Dompul)
  2. Program XL Asuransi memberikan pertanggungan untuk asuransi jiwa
  3. Pelanggan harus terlebih dahulu mendaftarkan diri untuk mengikuti program XL Asuransi dengan cara:
    • Berlaku untuk semua pelanggan pra-bayar XL (kecuali karyawan XL, pelanggan XL Turis, pelanggan HAURAA, pelanggan M2M dan Dompul)
    • Ketik SMS : "ASURANSI" kirim ke 501 atau
    • Tekan : *123*500#
    Proses pendaftaran ini tidak dikenakan biaya (GRATIS) dan hanya perlu dilakukan 1x saja.
  4. Pelanggan yang bisa mendaftar di program ini adalah yang berusia 17 tahun s.d 59 tahun
  5. Data yang dipergunakan dalam registrasi adalah data sesuai KTP
  6. Apabila data registrasi tidak sesuai KTP maka dianggap tidak valid pada saat proses klaim
  7. Ahli waris yang didaftarkan harus keluarga inti (ayah, ibu, kakak kandung, adik kandung, suami/istri, dan anak. Semua harus dibuktikan dengan dokumen yang sah pada saat klaim)
  8. Pelanggan akan menerima SMS dan diminta untuk mengkonfirmasi pendaftaran melalui *123# atau dengan membalas SMS. Konfirmasi ini berfungsi sebagai tanda tangan digital untuk Perlindungan Asuransi Jiwa.
  9. Satu pelanggan hanya boleh daftar satu kali di program ini
  10. Asuransi akan aktif pada tanggal 1 (satu) bulan berikutnya setelah pelanggan mendaftar
  11. Pertanggungan asuransi akan diberikan atas penggunaan kartu XL di atas Rp 30.000 (tiga puluh) ribu setiap bulannya
  12. Besarnya pertanggungan asuransi tergantung pada nilai penggunaan kartu XL setiap bulan dengan skema sebagai berikut:
    Nilai Penggunaan Kartu XL Per Bulan Nilai Pertanggungan Asuransi
    Rp 30.000 - Rp 39.999

     

    Rp 500.000

    Rp 40.000 - Rp 49.999

    Rp 750.000

    Di atas Rp 50.000

    Rp 1.000.000

    Rp 25.000 - Rp 29.999

    Tidak mendapat tambahan pertanggungan.
    Nilai pertanggungan yang sudah dikumpulkan akan tetap ada

    Di bawah Rp 25.000 selama 3 bulan berturut - turut

    Nilai pertanggungan yang sudah dikumpulkan akan dihapuskan

  13. Nilai pertanggungan asuransi yang diterima pelanggan setiap bulan akan dijumlahkan sampai dengan maksimum Rp 5.000.000 (lima juta rupiah). Pelanggan yang sudah mencapai nilai maksimum pertanggungan Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) tidak akan mendapatkan tambahan pertanggungan lagi pada bulan berikutnya
  14. Nilai pertanggungan asuransi yang sudah didapatkan di bulan sebelumnya akan tetap ada selama nilai penggunaan kartu XL dalam satu bulan di atas batas minimum Rp 25ribu
  15. Apabila penggunaan kartu XL di bawah batas minimum Rp 25.000 (dua puluh lima) ribu dalam waktu 3 (tiga) bulan berturut-turut maka pertanggungan asuransi yang telah dikumpulkan akan dihapuskan (Rp. 0)
  16. Pelanggan tidak akan mendapat tambahan pertanggungan asuransi apabila penggunaan kartu XL dalam satu bulan dibawah Rp 30.000 (tiga puluh) ribu
  17. Pelanggan yang nilai pertanggungannya hangus karena penggunaan di bawah batas minimum dapat memperoleh pertanggungan asuransi kembali setelah penggunaan kartu XL dalam satu bulan diatas Rp 30.000 (tiga puluh) ribu tanpa perlu registrasi ulang
  18. Pelanggan akan mendapat SMS notifikasi 2 (dua) kali dalam satu bulan berisi informasi nilai penggunaan kartu XL dan besarnya pertanggungan asuransi yang telah dikumpulkan
  19. Pelanggan dapat menghubungi layanan 817 untuk berhenti dari program XL Asuransi
  20. Pelanggan akan dinyatakan berhenti dari program XL Asuransi dan pertanggungan asuransi akan dihapuskan apabila:
    • Pelanggan berhenti dari program atas permintaan pribadi
    • Pelanggan memindahkan nomor yang didaftarkan menjadi pasca-bayar
    • Pelanggan mencapai usia 60 (enam puluh) tahun
  21. Apabila pelanggan sudah berhenti dari program karena hal-hal yang disebutkan di poin 20 dan ingin bergabung kembali, maka pelanggan harus melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan yang sudah ditentukan (kecuali nomor XL seperti tersebut pada No 1 (satu) dan pelanggan yang sudah mencapai usia 60 tahun tidak bisa mendaftar kembali)
  22. Ahli waris dapat mengajukan klaim selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari terhitung dari tanggal terjadinya kematian
  23. Ahli waris disarankan menghubungi 817 terlebih dahulu untuk informasi dan kemudian datang ke XL center yang ditunjuk untuk kemudian dibantu dengan proses pengajuan klaim
  24. Dokumen yang diperlukan untuk proses pengajuan klaim antara lain sebagai berikut:
    • Formulir pengajuan klaim yang bisa diperoleh di XL Center yang ditunjuk
    • Keterangan nama dan nomor telepon pelanggan yang didaftarkan
    • Surat keterangan kematian dari rumah sakit / institusi medis/ dokter yang berwenang untuk meninggal dunia alami atau karena sakit atau karena kecelakaan di lokasi pribadi ATAU surat kepolisian untuk meninggal dunia karena kecelakaan di tempat umum.
    • Surat tanda bukti hubungan pelanggan dengan ahli waris (contoh: kartu keluarga atau akte kelahiran)
    • Identitas ahli waris
    • Dokumen lain jika dibutuhkan
  25. Pendaftar harus menyatakan belum pernah dirawat 3 (tiga) bulan sebelum pendaftaran asuransi.
  26. Asuransi tidak berlaku untuk kematian dengan sebab sebagai berikut:
    • Bunuh diri
    • Terlibat dalam perkelahian, kecuali jika melakukan pembelaan
    • Secara langsung atau tidak langsung dari tindak pidana atau penipuan yang dilakukan oleh Tertanggung atau pihak yang berkepentingan
    • Penetapan hukuman mati oleh putusan pengadilan
    • Narkotika, psikotropika dan obat zat adiktif lainnya
    • HIV / AIDS (Human Immunodeficiency Virus / Acquired Immune Deficiency Syndrome) dan ARC (AIDS Related Complex)
    • Perang, pemberontakan atau kerusuhan sipil, kerusuhan, pemogokan, perang sipil, darurat militer, bencana nasional, invasi, terorisme
    • Ikut serta sebagai penumpang pesawat untuk penerbangan terjadwal
    • Kecelakaan akibat melakukan tindakan pidana atau melanggar peraturan lalu lintas
    • Ikut serta sebagai pembalap profesional menggunakan kendaraan bermotor atau kegiatan olahraga yang berbahaya
    • Sebagai akibat dari reaksi atom atau nuklir
    • Hilangnya orang tersebut
    • Epidemi
  27. Ada masa tunggu selama 6 (enam) bulan sejak hari pertama asuransi berlaku, contohnya hari pertama setiap bulannya setelah melakukan pendaftaran, dan berlaku untuk penyakit khusus yaitu : Serangan Jantung, Serangan Otak (Stroke), semua jenis Kanker, Gagal Ginjal, Radang Otak, Tumor Otak, Penyakit Hati kronis, Penyakit Paru kronis, Diabetes dan komplikasinya. Pihak asuransi tidak akan menanggung risiko kematian Tertanggung, jika terjadi kematian karena penyakit kritis dalam masa tunggu.
  28. Apabila terdapat perbedaan antara informasi yang diterima pelanggan melalui SMS dan/atau *123# dengan data yang terdapat pada XL, maka pelanggan menyetujui bahwa data yang berlaku adalah data yang terdapat pada sistem XL yang dapat dicek melalui Customer Service 817.
  29. Info total hasil perlindungan asuransi jiwa yang didapatkan oleh pelanggan akan diperbaharui paling lambat pada tanggal 7 (tujuh) setiap bulannya.
  30. Informasi ini mengacu pada polis induk XL Asuransi PT XL Axiata Tbk No. 2013.0134.1 dari PT Equity Life Indonesia.
 

FAQ - Proses Registrasi >

Apakah yang dimaksud dengan program XL Asuransi?
XL Asuransi adalah program peduli pelanggan dari XL yang memberikan perlindungan asuransi jiwa apabila terjadi sesuatu dengan pelanggan. Pelanggan dapat menerima perlindungan asuransi jiwa secara gratis hanya dengan menggunakan XL sampai dengan batas penggunaan tertentu.

Apakah seluruh pelanggan bisa mengikuti program ini?
Program ini berlaku untuk seluruh pelanggan prabayar XL yang berusia 17 tahun s.d. 59 tahun dan belum pernah dirawat di rumah sakit selama 3 bulan sebelum waktu pendaftaran.

Berapakah biaya pendaftaran untuk mengikuti program ini?
Program ini gratis tanpa biaya. Pelanggan bisa mendapatkan perlindungan secara gratis hanya dengan terus menggunakan XL sampai batas waktu penggunaan tertentu. Penggunaan ini bisa meliputi pemakaian telepon, SMS, VAS, internet, pembelian paket. Tetapi tidak termasuk penggunaan atas bonus yang diterima paket bundling pada waktu pembelian kartu perdana baru.

Bagaimana cara saya untuk registrasi dalam program ini?
Untuk registrasi dalam program ini dapat melalui:
  • *123*500# dan pilih Gabung, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan
  • Telepon ke 817
  • Datang ke XL Center yang ditunjuk


Siapa sajakah yang bisa didaftarkan menjadi ahli waris?
Ahli waris yang didaftarkan harus merupakan keluarga inti, yaitu:
  • Ayah
  • Ibu
  • Kakak kandung
  • Adik kandung
  • Suami / Istri
  • Anak
Apakah ahli waris juga harus merupakan pelanggan XL?
Ahli waris tidak harus merupakan pelanggan XL selama pelanggan yang mendaftar adalah pelanggan prabayar XL.

Data apa saja yang diperlukan untuk registrasi dalam program ini?
Data yang dibutuhkan untuk registrasi dalam program ini yaitu nomor XL yang didaftarkan (apabila pendaftaran dibantu oleh agen), nama lengkap sesuai KTP, nomor KTP, nama lengkap ahli waris, dan hubungan dengan ahli waris.

Apakah saya bisa mengubah data yang sudah dimasukkan pada awal pendaftaran?
Anda bisa mengubah data dengan mengajukan permohonan pengubahan data melalui customer service 817
 

FAQ - Penggunaan XL Asuransi >

Bagaimana cara kerja program ini?
Apabila pelanggan yang mendapatkan perlindungan asuransi meninggal, maka ahli waris yang didaftarkan berhak untuk mengklaim sejumlah perlindungan tergantung dari besarnya perlindungan yang didapat pelanggan dari penggunaan XL per bulannya. Oleh karenanya, pelanggan disarankan untuk menginformasikan ke ahli waris mengenai keanggotaannya di program XL Asuransi ini.

Apakah semua akibat kematian akan ditanggung oleh program ini?
Ada beberapa penyebab kematian yang tidak bisa terlindungi oleh program ini, antara lain:

  • Bunuh diri
  • Terlibat dalam perkelahian, kecuali jika melakukan pembelaan
  • Secara langsung atau tidak langsung dari tindak pidana atau penipuan yang dilakukan oleh Tertanggung atau pihak yang berkepentingan
  • Penetapan hukuman mati oleh putusan pengadilan
  • Narkotika, psikotropika dan obat zat adiktif lainnya
  • HIV / AIDS (Human Immunodeficiency Virus / Acquired Immune Deficiency Syndrome) dan ARC (AIDS Related Complex)
  • Perang, pemberontakan atau kerusuhan sipil, kerusuhan, pemogokan, perang sipil, darurat militer, bencana nasional, invasi, terorisme
  • Ikut serta sebagai penumpang pesawat untuk penerbangan terjadwal
  • Kecelakaan akibat melakukan tindakan pidana atau melanggar peraturan lalu lintas
  • Ikut serta sebagai pembalap profesional menggunakan kendaraan bermotor atau kegiatan olahraga yang berbahaya
  • Sebagai akibat dari reaksi atom atau nuklir
  • Hilangnya orang tersebut
  • Epidemi


Apakah ada kondisi kesehatan yang memungkinkan saya tidak terlindungi program ini?
Kondisi kesehatan yang memungkinkan Bapak/Ibu tidak terlindungi program ini antara lain:
  • Apabila selama 6 bulan setelah Bapak/Ibu mulai mendapatkan perlindungan, Bapak/Ibu terdiagnosa menderita penyakit berikut: jantung, stroke, segala jenis kanker, gagal ginjal, radang selaput otak, tumor otak, penyakit hati kronis, penyakit paru-paru kronis, diabetes dan komplikasinya. 6 bulan terhitung dari tanggal mulainya Bapak/Ibu mendapat pertanggungan
  • Bapak/Ibu harus tidak pernah dirawat di rumah sakit selama 3 bulan sebelum pendaftaran.
Bagaimana cara saya mengetahui jumlah perlindungan yang telah diperoleh?
Setiap awal bulan akan menerima SMS yang berisi informasi jumlah perlindungan yang sudah dikumpulkan pada bulan tersebut, selain itu Bapak/Ibu juga dapat mendapatkan informasi mengenai jumlah perlindungan yang didapat melalui *123*500#

Bagaimana cara ahli waris mengajukan klaim?
Cara untuk mengajukan klaim cukup dengan menghubungi 817 terlebih dahulu untuk informasi mengenai dokumen yang dibutuhkan dan kemudian ahli waris yang telah didaftarkan datang ke XL Center yang ditunjuk dengan membawa dokumen lengkap untuk dibantu dengan proses pengajuan klaim.

Kapan paling lambat ahli waris dapat mengajukan klaim?
Ahli waris bisa melakukan klaim paling lambat 90 hari setelah tanggal terjadinya kematian.

Berapa lama ahli waris akan menerima pembayaran dari sejak klaim diajukan?
Ahli waris akan menerima pembayaran paling cepat 3 hari atau selambat-lambatnya 30 hari kerja terhitung dari tanggal pengajuan klaim tergantung dari kesesuaian dokumen pengajuan yang diberikan dengan data keanggotaan pelanggan yang tercatat dalam XL Asuransi.

Bagaimana proses pembayaran klaimnya?
Klaim akan dibayarkan melalui cek/transfer bank tergantung permintaan dari ahli waris.

Apakah yang terjadi apabila pelanggan dan ahli waris meninggal pada saat yang sama?
Apabila pelanggan dan ahli waris meninggal pada saat yang sama, maka keanggotaan XL Asuransi akan dianggap berakhir dan tidak ada yang mendapatkan perlindungan.