Cara Memperoleh Layanan m-Banking BCA



Cara Melakukan Aktivasi di Ponsel dan Kantor Cabang:

  • Pemegang Kartu Paspor BCA (Kartu ATM BCA).
  • Melakukan registrasi/pendaftaran di ATM/Kantor Cabang Utama BCA terdekat.
  • Melakukan aktivasi di ponsel (untuk transaksi m-Info, m-Payment, dan m-Admin).
  • Melakukan aktivasi PIN di Kantor Cabang BCA terdekat (untuk transaksi m-Transfer dan m-Commerce).
  • Melakukan download menu m-Banking BCA pada menu Life In Hand/Layanan Data/XL Life bagi yang belum memiliki menu m-Banking BCA di ponselnya.

Aktivasi di Ponsel


Caranya:


Dengan dilakukannnya aktivasi ini, Anda dapat melakukan transaksi m-Banking BCA untuk menu m-Payment, m-Info, dan m-Admin.

  • Pilih menu m-Banking BCA di ponsel Anda dan tekan OK/Yes.
  • Pilih menu m-Admin dan tekan OK/Yes.
  • Pilih Aktivasi dan tekan OK/Yes.
  • Tampil notifikasi Saya telah membaca dan setuju Syarat dan Ketentuan m-Banking BCA serta menggunakan nomor ini sebagai ID saya, tekan OK/Yes sebagai tanda persetujuan.
  • Masukkan Nomor Kartu ATM BCA yang digunakan untuk registrasi m-Banking BCA dan tekan OK/Yes.
  • Masukkan PIN m-Banking BCA Anda dan tekan OK/Yes.
  • Setelah beberapa saat, Anda akan menerima pesan di layar ponsel Selamat datang di Layanan m-Banking BCA.

Aktivasi PIN di Kantor Cabang


Untuk mengaktifkan layanan m-Transfer dan m-Commerce. nasabah harus datang ke Kantor Cabang BCA terdekat untuk melakukan Aktivasi PIN dengan membawa:


Nasabah dapat langsung melakukan transfer pada hari yang sama setelah proses aktivasi PIN selesai dilakukan.

  • Buku Tahapan, kartu ATM/Tapres/BCA Dollar yang terhubung dengan fasilitas m-Banking BCA.
  • Kartu identitas (KTP atau SIM).
  • Untuk pemegang rekening Giro: membawa Kartu Tanda Pengenal Nasabah Giro (KTPN) dan Kartu Paspor BCA/BCA Dollar yang terhubung dengan fasilitas m-Banking BCA.
  • Telah melakukan pendaftaran m-Banking BCA dan aktivasi non-finansial pada ponsel.

Catatan


  • Pastikan Anda mengetahui tombol fungsi pada ponsel dengan mengacu pada buku petunjuk ponsel Anda.
  • Sebelum Anda melakukan transaksi melalui ponsel, pastikan terlebih dahulu Inbox Anda tidak dalam kondisi penuh.
  • PIN yang digunakan pada saat pertama kali mengakses layanan m-Banking BCA adalah PIN yang Anda tentukan pada saat registrasi melalui ATM BCA. Jika Anda melakukan registrasi m-Banking BCA di Kantor Cabang BCA, maka PIN m-Banking BCA yang digunakan akan sama dengan PIN kartu ATM BCA.
  • Layanan m-Banking BCA akan terblokir secara otomatis apabila Anda salah memasukkan PIN m-Banking BCA sebanyak 3 kali berturut-turut.
  • Jangan memberitahukan PIN m-Banking BCA kepada pihak lain.
  • Jangan menyimpan PIN m-Banking BCA dalam ponsel atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui orang lain.
  • Jika Anda memiliki lebih dari 1 (satu) rekening yang terhubung dengan kartu ATM BCA yang Anda gunakan untuk registrasi layanan m-Banking BCA, maka secara otomatis semua rekening itu akan terhubung dengan layanan m-Banking BCA untuk setiap transaksi finansial yang Anda lakukan di m-Banking BCA, Anda akan diminta untuk memilih nomor rekening yang akan digunakan.
  • Satu kartu ATM BCA dapat terhubung dengan 10 nomor ponsel baik dari operator yang sama maupun operator yang berbeda.
  • Aktivasi yang dilakukan di ponsel akan mengaktifkan layanan m-Info dan m-Payment serta m-Admin, sedangkan untuk mengaktifkan layanan m-Transfer dan m-Commerce nasabah harus datang ke Kantor Cabang BCA terdekat untuk melakukan Aktivasi PIN, dengan mengisi formulir permohonan secara benar, jelas, dan lengkap serta diserahkan ke CSO BCA. Pastikan nomor ponsel yang Anda daftarkan adalah nomor ponsel milik Anda sendiri.
  • Untuk transaksi finansial (transfer/payment/commerce), masukkan nominal transfer/payment/commerce dan nomor rekening/pelanggan/kartu kredit/telpon/ponsel tanpa spasi atau tanda baca lainnya (seperti: tanda sambung dan titik).
  • Dalam setiap transaksi finansial, Anda akan menerima pesan konfirmasi yang berisi data-data transaksi. Pastikan kebenaran data-data transaksi tersebut sebelum Anda melanjutkan transaksi.
  • Setiap kali melakukan transaksi melalui m-Banking BCA, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima respon balik atas transaksi tersebut. Apabila Anda tidak menerima respon balik atas transaksi yang dilakukan, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah transaksi tersebut telah terjadi dengan cara memeriksa saldo/mutasi rekening Anda.
  • Untuk setiap transaksi finansial, Anda akan menerima pesan transaksi Anda berhasil atau gagal. Khusus transaksi yang berhasil, pesan yang diterima secara otomatis akan tersimpan di dalam Inbox (dengan catatan Inbox tidak penuh).
  • Segera memberitahukan kepada BCA apabila SIM Card Anda hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain.
  • Limit transfer antar rekening BCA yang dapat dilakukan melalui m-Banking BCA merupakan satu kesatuan dengan limit transaksi transfer melalui ATM BCA sebesar maksimum:
    • Rp15.000.000/hari (Kartu ATM Silver).
    • Rp25.000.000/hari (Kartu ATM Gold/ Tapres/ BCA Dollar).
    • Rp75.000.000/hari (Kartu Platinum).

Biaya Transaksi


Jenis Transaksi Pascabayar Prabayar
m-Info (info saldo, mutasi rekening) Rp500 Rp550
m-Admin (aktivasi, ganti PIN) Rp500 Rp550
m-Transfer Rp1.000 Rp1.100
m-Commerce (pulsa isi ulang, saham) Rp1.000 Rp1.100
m-Payment (kartu kredit, asuransi) Rp1.000 Rp1.100

Skema Fitur Layanan m-Banking BCA


Nomor Kategori Layanan
1. m-Info
  • informasi saldo
  • mutasi rekening
  • info kurs
  • info kartu kredit (registrasi, pencabutan registrasi, saldo dan transaksi)
  • info suku bunga tabungan/deposito Rp/deposito valas
  • info kode bank (untuk transfer antar bank)
  • info kode perusahaan (yang digunakan pada m-Payment dan m-Commerce)
  • info nomor kupon undian Gebyar Tahapan BCA
  • info rekening deposito
  • info Reksadana (saldo dan NAB)
2. m-Transfer transfer ke rekening BCA atau bank lain
3. m-Payment pembayaran tagihan kartu kredit, PLN, PAM, telpon, asuransi, pendidikan
4. m-Commerce pembelian pulsa isi ulang, saham
5. m-Admin aktivasi, ganti PIN