Pascabayar


Pendahuluan

  • "XL" adalah perusahaan yang bergerak dalam pengoperasian sistem telekomunikasi Telepon Bergerak Seluler dengan sistem GSM (Global System for Mobile Communication).
  • "Pelanggan" adalah orang, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jaringan dan atau jasa XL berdasarkan Kontrak. "Formulir Pendaftaran" adalah formulir
  • Kartu Modul Identitas Pelanggan ("Kartu XL") adalah kartu yang memudahkan Pelanggan berakses kepada jaringan Telepon Bergerak Seluler XL dengan memasukkan Kartu XL tersebut ke dalam telepon seluler atau peralatan sejenis.
  • "Persyaratan Berlangganan" adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pelanggan untuk terikat dengan Kontrak ini, yaitu persyaratan administrasi,persyaratan validasi dan survey lapangan.

Ketentuan Umum

  • Kontrak ini berlaku setelah semua Persyaratan Berlangganan telah dipenuhi dan disetujui oleh XL.
  • Kontrak ini bisa berlaku bagi perorangan, badan hukum, instansi pemerintah dan harus ditandatangani oleh orang yang bersangkutan atau orang yang mewakili secara sah.
  • Pelanggan akan memberikan semua dokumen dan informasi yang diminta oleh XL sebagaimana disebutkan di muka dan harus sesuai dengan ketentuan dalam Kontrak ini.
  • XL akan memberikan fasilitas untuk berkomunikasi di sepanjang jaringan XL dan jika tersedia akses kepada jaringan-jaringan lain akan didasarkan kepada tarif tertentu.
  • Pemakaian jasa telekomunikasi di jaringan XL akan dicatat oleh XL.
  • Kontrak ini tidak dapat dialihkan pada pihak lain, kecuali atas persetujuan XL.
  • Seorang Pelanggan yang Kontraknya telah dihentikan akan dianggap sebagai pemohon baru apabila ia hendak kembali berlangganan dan harus memenuhi segala ketentuan Persyaratan Berlangganan.
  • Perubahan alamat Pelanggan akan segera dilaporkan secara tertulis kepada bagian Pelayanan Pelanggan XL paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pindah alamat.
  • XL berhak menaikkan atau menurunkan kredit limit pelanggan sesuai kebijakan yang berlaku di XL, apabila penggunaan telepon oleh pelanggan atau biaya pemakaian dinilai melebihi batas kewajaran penggunaan, dimana biaya pemakaian telah mencapai 75% dari kredit limit yang diberikan dalam kurun waktu kurang dari 7 (tujuh) hari pemakaian.
  • Kredit limit tidak berlaku pada saat pelanggan melakukan International Roaming Pelanggan wajib memperbaharui data apabila terjadi perubahan, termasuk perubahan alamat, nomor telepon ataupun perubahan lainnya.

Kartu XL

  • Kartu XL akan tetap menjadi milik XL, akan tetapi Pelanggan bertanggung jawab atas semua penggunaan Kartu XL oleh pihak lain.
  • Hak atas penggunaan Kartu XL dapat dialihkan kepada pihak lain sesuai dengan persyaratan XL.
  • Pelanggan bertanggung jawab terhadap semua tagihan yang berkenaan dengan penggunaan Kartu XL.
  • XL atas kebijaksanaannya sendiri berhak mengganti Kartu XL yang hilang atau rusak, menetapkan:
    • biaya administrasi yang ditentukan.
    • biaya-biaya lainnya.
  • Migrasi atas Kartu XL akan dilakukan oleh XL setelah semua persyaratan berlangganan telah dipenuhi oleh Pelanggan.
  • Pelanggan yang kehilangan atau kecurian Kartu XL (dengan atau tidak dengan pesawat teleponnya) akan segera melaporkannya pada bagian Pelayanan Pelanggan XL melalui telepon dan secara tertulis. XL akan segera memblokir Kartu XL tersebut. Biaya penggunaan Kartu XL yang timbul sebelum Pelanggan melaporkan kepada XL menjadi tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya.

Pemblokiran

XL berhak melakukan pemblokiran apabila terjadi hal sebagai berikut:

  • Apabila penggunaan telepon oleh Pelanggan atau biaya pemakaian melebihi batas kredit yang diberikan XL;
  • Apabila tagihan Pelanggan telah melewati batas jatuh tempo pembayaran yang telah ditentukan oleh XL;
  • Apabila Pelanggan tidak memenuhi Persyaratan Berlangganan (berdasarkan hasil survey lapangan);
  • Apabila ada permintaan resmi dari instansi yang berwenang;Apabila ada permintaan resmi dari instansi yang berwenang;
  • Apabila salah satu nomor XL Pelanggan mempunyai tagihan yang sudah jatuh tempo dan belum dilakukan pembayaran (berlaku bagi Pelanggan yang mempunyai lebih dari satu nomor XL).
  • Apabila ada indikasi penyalahgunaan Kartu XL sehingga menimbulkankerugian baik bagi XL maupun bagi pelanggan lainnya.

Pemutusan Kontrak

  • XL berhak memutuskan Kontrak ini secara seketika atau memutuskan pelayanan kepada Pelanggan setiap saat apabila terjadi hal-hal sebagai berikut:
  • Ada biaya-biaya atau tunggakan yang belum dibayar;
  • Pelanggan melakukan pelanggaran terhadap Kontrak;
  • Pelanggan dinyatakan oleh undang-undang dalam keadaan pailit atau bangkrut;
  • Ada informasi yang diberikan Pelanggan tidak benar atau dibuat keliru;
  • Terjadi keadaan memaksa;
  • Pelanggan meninggal dunia (atas permintaan ahli waris).
  • XL dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan pasal 1266 Kitab Undang-undang Hukum Perdata Indonesia, yaitu untuk pemutusan Kontrak ini tidak diperlukan putusan Pengadilan;
  • Jika Kontrak ini dihentikan oleh salah satu sebab di atas, seluruh jumlah yang terhutang oleh Pelanggan akan dibayar seketika dan sekaligus, baik oleh Pelanggan ataupun para penggantinya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Pembayaran

  • Atas pengaktifan Kartu XL, Pelanggan berkewajiban untuk membayar segala biaya/tagihan yang dikenakan oleh XL dan apa yang ditetapkan oleh peraturan pemerintah yang berlaku yang mungkin harus dibebankan oleh XL kepada Pelanggan termasuk tetapi tidak terbatas pada :
  • Biaya pasang/aktivasi sambungan;
  • Biaya berlangganan bulanan;
  • Biaya Minimum Pemakaian setiap bulannya sebagaimana tercantum dalam Formulir Pendaftaran ini atau sesuai dengan paket pemakaian promo lainnya yang ada dikemudian hari;
  • Biaya pemakaian terdiri dari biaya percakapan, biaya jelajah aktif, biaya fasilitas tambahan dan biaya pendudukan frekuensi/Air time; 
  • Biaya lain-lain seperti biaya penggantian Kartu XL, Migrasi, penyambungan kembali, dan lain-lain;
  • Setiap pajak yang harus dikenakan atas pembayaran-pembayaran tersebut di atas;
  • Setiap bulan XL akan mengirimkan tagihan kepada Pelanggan untuk jasa yang telah diberikan XL kepada Pelanggan dan Pelanggan berkewajiban untuk membayar tagihan tersebut secara penuh dalam waktu yang telah ditentukan.
  • Tagihan sebagaimana disebutkan dalam point 2 di atas dikirimkan XL dalam bentuk tagihan elektronik (web atau email). Apabila Pelanggan menginginkan untuk dikirimkan tagihan cetak maka Pelanggan akan dikenakan tarif sesuai yang berlaku di XL untuk tagihan.
  • Apabila terdapat perbedaan jumlah tagihan antara tagihan tercetak milik Pelanggan dengan tagihan yang tercatat di XL, maka yang dipergunakan sebagai pedoman adalah tagihan yang tercatat di XL.
  • Apabila Pelanggan memutuskan keanggotaannya sebagai Pelanggan XL, Pelanggan harus membayar penuh dan melunasi semua kewajibannya terlebih dahulu menurut Kontrak dan Ketentuan dalam Kontrak ini masih terus berlaku hingga segala kewajiban Pelanggan terhadap XL telah dipenuhi.
  • Pelanggan memberikan hak kepada XL untuk melakukan pengalihan sistem pembayaran Kartu Kredit milik pelaggan menjadi Auto Pay kepada pihak
  • Bank penerbit Kartu Kredit termasuk dan tidak terbatas apabila terjadi perubahan Kartu Kredit dan atau nomor Kartu Kredit dan atau masa berlaku Kartu Kredit.
  • Segala macam biaya yang timbul dari pemakaian nomor Pelanggan akan menjadi tanggung jawab Pelanggan termasuk apabila terjadi tunggakan berikut penalti atau biaya tambahan lainnya serta pajak-pajak yang dibebankan atas nomor pelanggan.

Keadaan Memaksa

  • Keadaan memaksa adalah kejadian yang luar biasa yang menyebabkan pelayanan XL tidak dapat dilakukan yang mana kejadian tersebut berada di luar kontrol XL meliputi tetapi tidak terbatas pada:
  • Bencana alam seperti gempa bumi, badai, kecelakaan, banjir, perang, huru-hara;
  • Tindakan/perbuatan/keadaan pihak lain sehingga XL tidak dapat memberikan jasa pelayanan kepada Pelanggan Dalam hal terjadi keadaan memaksa, XL dibebaskan dari tanggung jawabnya.

Lain-lain

  • XL tidak bertanggung jawab atas klaim mengenai penggunaan Kartu XL atau pelayanannya, atau penggunaan pesawat telepon atau infrastruktur lainnya atau peralatan yang berkenaan dengan jasa yang diberikan atas cidera fisik, penyakit, resiko kesehatan atau kerusakan-kerusakan lainnya yang menimpa Pelanggan atau orang lain.
  • Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan pelaksanaan ketentuan-ketentuan dari Kontrak ini pihak-pihak sepakat untuk terlebih dahulu menyelesaikan secara musyawarah untuk mufakat.
  • Apabila musyawarah tidak tercapai, pihak-pihak dalam Kontrak ini setuju untuk memilih domisili hukum yang tetap di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
  • XL tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul sebagai akibat dari penyalahgunaan nomor Kartu Pasca Bayar oleh Pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
  • Pelanggan menyatakan setuju bahwa ketentuan dalam formulir berlangganan ini dapat berubah setiap waktu dan diberlakukan setelah ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada pelanggan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender melalui surat atau cara-cara lain yang dianggap tepat oleh XL

Contoh Periode Penagihan Pelanggan