Pascabayar


Pendahuluan

  • "XL" adalah perusahaan yang bergerak dalam pengoperasian sistem telekomunikasi Telepon Bergerak Seluler dengan sistem GSM (Global System for Mobile Communication).
  • "Pelanggan" adalah orang, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jaringan dan atau jasa XL berdasarkan Kontrak.
  • ”Formulir Pendaftaran” adalah formulir yang tertera di halaman muka dan halaman belakang Kontrak ini untuk ditandatangani oleh pendaftar yang ingin menjadi Pelanggan XL.
  • Kartu Modul Identitas Pelanggan ("Kartu XL") adalah kartu yang memudahkan Pelanggan berakses kepada jaringan Telepon Bergerak Seluler XL dengan memasukkan Kartu XL tersebut ke dalam telepon seluler atau peralatan sejenis.
  • "Persyaratan Berlangganan" adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pelanggan untuk terikat dengan Kontrak ini, yaitu persyaratan administrasi,persyaratan validasi dan survey lapangan.

Ketentuan Umum

  • Kontrak ini berlaku dan Kartu XL dapat digunakan setelah semua Persyaratan Berlangganan telah dipenuhi dan disetujui oleh XL.
  • Kontrak ini berlaku bagi perorangan, badan hukum, instansi pemerintah dan harus ditandatangani oleh pihak yang bersangkutan atau pihak yang berwenang dan mewakili secara sah.
  • Pelanggan akan memberikan semua dokumen dan informasi yang diminta oleh XL sebagaimana disebutkan di muka dan harus sesuai dengan ketentuan dalam Kontrak ini.
  • XL akan memberikan fasilitas untuk berkomunikasi di sepanjang jaringan XL dan jika tersedia akses kepada jaringan-jaringan lain berdasarkan tarif tertentu.                       
  • Pemakaian jasa telekomunikasi di jaringan XL akan dicatat oleh XL.
  • Kontrak ini tidak dapat dialihkan pada pihak lain, kecuali atas persetujuan XL.
  • Seorang Pelanggan yang Kontraknya telah dihentikan akan dianggap sebagai pemohon baru apabila ia hendak kembali berlangganan dan harus memenuhi segala ketentuan Persyaratan Berlangganan.
  • Perubahan alamat Pelanggan akan segera dilaporkan secara tertulis kepada bagian Pelayanan Pelanggan XL paling lambat  1(satu) minggu sebelum pindah alamat.
  • XL berhak menaikkan atau menurunkan kredit limit yang diberikan kepada Pelanggan secara sepihak sesuai kebijakan yang berlaku di XL.
  • Pada saat Pelanggan menggunakan No. MSISDN Pelanggan di luar negeri, penggunaan layanan telekomunikasi Pelanggan dimungkinkan melebihi kredit limit yang berlaku bagi Pelanggan, sehingga dimungkinkan jumlah tagihan Pelanggan melebihi kredit limit yang diberikan.
  • Pelanggan setuju dan tunduk pada syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku bagi setiap layanan telekomunikasi XL yang digunakan Pelanggan dari waktu ke waktu.
  • Pelanggan wajib memperbaharui data apabila terjadi perubahan, termasuk perubahan alamat, nomor telepon ataupun perubahan lainnya dengan memberitahukan kepada XL secara tertulis atas perubahan tersebut.
  • XL berhak untuk menolak permohonan berlangganan milik Pelanggan pada saat kapan pun apabila diketahui tidak sesuai dengan Persyaratan Berlangganan yang berlaku.

Kartu XL

  • Kartu XL akan tetap menjadi milik XL, akan tetapi Pelanggan bertanggung jawab atas semua penggunaan Kartu XL oleh pihak lain.
  • Hak atas penggunaan Kartu XL dapat dialihkan kepada pihak lain sesuai dengan persyaratan XL.
  • Pelanggan bertanggung jawab terhadap semua tagihan yang berkenaan dengan penggunaan Kartu XL.
  • XL atas kebijaksanaannya sendiri berhak mengganti Kartu XL yang hilang atau rusak dan menetapkan:
    • biaya administrasi yang ditentukan.
    • biaya-biaya lainnya.
  • Migrasi atas Kartu XL dapat dilakukan oleh XL setelah semua persyaratan berlangganan dan persyaratan trasmigrasi telah dipenuhi oleh Pelanggan.
  • Nomor  yang  terdiri dari 10 digit & nomor cantik  yang di aktifkan  setelah  1 Juni 2015 tidak diperbolehkan  melakukan migrasi ke Prabayar.
  • XL dapat menolak permintaan Migrasi atas Kartu XL milik Pelanggan dengan nomor-nomor tertentu yang diberikan dalam program promo yang diadakan oleh XL.
  • Pelanggan tidak dapat melakukan migrasi atas Kartu XL pascabayar menjadi prabayar dan/atau melakukan deaktivasi nomor pascabayar  pada tanggal 1 s/d 6 setiap bulan nya.
  • Pelanggan yang kehilangan atau kecurian Kartu XL (dengan atau tidak dengan pesawat teleponnya) harus segera melaporkannya pada Pelayanan Pelanggan XL melalui telepon dan secara tertulis. XL akan segera memblokir Kartu XL tersebut. Segala biaya yang timbul sebelum diblokirnya Kartu XL tersebut akibat dari kehilangan atau kecurian dan atau kerusakan kartu XL, tidak akan menghilangkan tanggung jawab Pelanggan atas kewajibannya atas penggunaan kartu tersebut.

Pemblokiran

XL berhak melakukan pemblokiran apabila terjadi hal sebagai berikut:

  • Apabila penggunaan telepon oleh Pelanggan atau biaya pemakaian melebihi batas Kredit Limit yang diberikan XL;
  • Apabila tagihan Pelanggan telah melewati batas jatuh tempo pembayaran yang telah ditentukan oleh XL;
  • Apabila Pelanggan tidak memenuhi Persyaratan Berlangganan (termasuk namun tidak terbatas berdasarkan hasil survey lapangan);
  • Apabila ada permintaan resmi dari instansi yang berwenang;
  • Apabila salah satu nomor XL milik Pelanggan mempunyai tagihan yang sudah jatuh tempo dan belum dilakukan pembayaran (berlaku bagi Pelanggan yang mempunyai lebih dari satu nomor XL).
  • Apabila ada indikasi penyalahgunaan Kartu XL sehingga menimbulkan kerugian baik bagi XL maupun bagi pelanggan lainnya;
  • Hal-hal lain sebagaimana ditentukan oleh XL dari waktu ke waktu.

Pemutusan Kontrak

  • XL berhak memutuskan Kontrak ini secara seketika atau memutuskan pelayanan kepada Pelanggan setiap saat apabila terjadi hal-hal sebagai berikut:
    • Ada biaya-biaya atau tunggakan yang belum dibayar;
    • Pelanggan melakukan pelanggaran terhadap Kontrak maupun pelanggaran terhadap penggunaan Kartu XL;
    • Pelanggan dinyatakan oleh undang-undang dalam keadaan pailit atau bangkrut;
    • Terdapat informasi dan/atau data yang diberikan Pelanggan yang ternyata tidak benar atau dibuat keliru;
    • Terjadi keadaan memaksa;
    • Pelanggan melakukan tindakan melawan Hukum;
    • Pelanggan meninggal dunia;
    • Apabila ada indikasi penyalahgunaan Kartu XL sehingga menimbulkan  kerugian baik bagi XL maupun bagi pelanggan lainnya;
    • Hal-hal lain sebagaimana ditentukan oleh XL dari waktu ke waktu.
  • XL dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan pasal 1266 Kitab Undang - undang Hukum Perdata lndonesia, yaitu untuk pemutusan Kontrak ini tidak diperlukan putusan Pengadilan;
  • Jika Kontrak ini dihentikan oleh salah satu sebab di atas, seluruh jumlah yang terhutang oleh Pelanggan wajib dibayar seketika dan sekaligus, baik oleh Pelanggan ataupun para penggantinya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Pembayaran

  • Atas pengaktifan Kartu XL, Pelanggan berkewajiban untuk membayar segala biaya/tagihan yang dikenakan oleh XL dan tarif atau biaya yang ditetapkan oleh peraturan pemerintah yang berlaku yang dibebankan oleh XL kepada Pelanggan termasuk tetapi tidak terbatas pada :
    • Biaya pasang/aktivasi sambungan;
    • Biaya berlangganan bulanan;
    • Biaya Minimum Pemakaian setiap bulannya sebagaimana tercantum dalam Formulir Pendaftaran ini atau sesuai dengan paket pemakaian promo lainnya yang ada dikemudian hari;
    • Biaya pemakaian terdiri dari biaya percakapan, biaya jelajah aktif, biaya fasilitas tambahan dan biaya pendudukan frekuensi/Air time:
    • Biaya penggunaan layanan jelajah internasional berdasarkan informasi dan data pemakaian yang diberikan oleh mitra Jelajah Internasional kepada XL dan dicantumkan pada lembar penagihan yang disampaikan kepada Pelanggan setiap bulannya.
    • Biaya penggantian Kartu XL, Migrasi, penyambungan kembali, dan lain-lain;
    • Setiap biaya pajak yang harus dikenakan atas pembayaran-pembayaran tersebut diatas;
  • Setiap bulan XL akan mengirimkan tagihan kepada Pelanggan untuk jasa yang telah diberikan XL kepada Pelanggan dan Pelanggan berkewajiban untuk membayar tagihan tersebut secara penuh dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  • Melanjuti point 2 diatas, pencatatan untuk penggunaan layanan telekomunikasi saat di luar negeri masih dapat ditambahkan ke dalam tagihan maksimal 3 (tiga) bulan dari tanggal penggunaan layanan.
  • Tagihan sebagaimana disebutkan dalam point 2 di atas dikirimkan XL dalam bentuk tagihan elektronik (web atau email). Apabila  Pelanggan menginginkan untuk dikirimkan tagihan cetak maka Pelanggan akan dikenakan tarif sesuai yang berlaku di XL untuk tagihan.
  • Apabila terdapat perbedaan jumlah tagihan antara tagihan tercetak milik Pelanggan dengan tagihan yang tercatat di XL, maka yang dipergunakan sebagai pedoman adalah tagihan yang tercatat di XL.
  • Apabila Pelanggan memutuskan keanggotaannya sebagai Pelanggan XL, Pelanggan harus membayar penuh dan melunasi semua kewajibannya terlebih dahulu menurut Kontrak dan Ketentuan dalam Kontrak ini masih terus berlaku hingga segala kewajiban Pelanggan terhadap XL telah dipenuhi.
  • Pelanggan memberikan hak kepada XL untuk melakukan pengalihan sistem pembayaran Kartu Kredit milik Pelanggan menjadi Auto Pay kepada pihak Bank penerbit Kartu Kredit termasuk dan tidak terbatas apabila terjadi perubahan Kartu Kredit dan atau nomor Kartu Kredit dan atau masa berlaku Kartu Kredit.
  • Segala macam biaya yang timbul dari pemakaian nomor Pelanggan akan menjadi tanggung jawab Pelanggan termasuk apabila terjadi tunggakan berikut penalti atau biaya tambahan lainnya serta pajak-pajak yang dibebankan atas nomor pelanggan.

Keadaan Memaksa

  • Keadaan memaksa adalah kejadian yang luar biasa yang menyebabkan pelayanan XL tidak dapat dilakukan yang mana kejadian tersebut berada di luar kontrol XL meliputi tetapi tidak terbatas pada:
    • Bencana alam seperti gempa bumi, badai, kecelakaan, banjir
    • perang, huru-hara;
    • Tindakan/perbuatan/keadaan pihak lain sehingga XL tidak dapat memberikan jasa pelayanan kepada Pelanggan
  • Dalam hal terjadi keadaan memaksa, XL dibebaskan dari tanggung jawabnya.

Lain-lain

  • XL tidak bertanggung jawab atas klaim mengenai penggunaan Kartu XL atau pelayanannya, atau penggunaan pesawat telepon atau infrastruktur lainnya atau peralatan yang berkenaan dengan jasa yang diberikan atas cidera fisik, penyakit, resiko kesehatan atau kerusakan-kerusakan lainnya yang menimpa Pelanggan atau orang lain.
  • Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan pelaksanaan ketentuan-ketentuan dari Kontrak ini pihak-pihak sepakat untuk terlebih dahulu menyelesaikan secara musyawarah untuk mufakat.
  • Apabila musyawarah tidak tercapai, pihak- pihak dalam Kontrak ini setuju untuk memilih domisili hukum yang tetap di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
  • XL tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul sebagai akibat dari penyalahgunaan nomor Kartu XL oleh Pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
  • Pelanggan tunduk dan setuju pada syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku pada Formulir Berlangganan, Kontrak ini dan ketentuan yang tercantum dalam www.xl.co.id beserta seluruh perubahannya dari waktu ke waktu.

Info lengkap:

Kunjungi Xl Center terdekat atau email ke customerservice@xl.co.id

Contoh Periode Penagihan Pelanggan