× ×

Syarat & Ketentuan

  • Ketentuan Umum

  • Syarat dan Ketentuan Umum ini berlaku untuk semua pelanggan XL baik yang menggunakan kartu SIM Pascabayar maupun Prabayar. Masing-masing produk XL dapat memiliki syarat dan ketentuan tersendiri. Jika terdapat perbedaan antara syarat dan ketentuan umum ini dengan syarat dan ketentuan masing-masing produk, maka syarat dan ketentuan dari masing-masing produk yang diberlakukan.
  • Layanan XL disediakan melalui jaringan XL maupun jaringan lain yang dimiliki operator lain yang bekerjasama dengan XL di dalam maupun di luar wilayah Indonesia. Layanan XL tersedia 24 jam sehari dengan 7 hari dalam seminggu setelah pelanggan melakukan proses registrasi bagi pelanggan prabayar atau setelah melakukan proses aktivasi bagi pelanggan pascabayar. Setiap saat pelanggan dapat menghubungi Customer Service , panggilan kepada Custumer Service dikenakan biaya.
  • Pengenaan Tarif didasarkan pada stuktur tarif yang telah diatur oleh pemerintah sesuai ketentuan yang berlaku dan dicantumkan di www.xl.co.id maupun di media lainnya. Bagi pelanggan Pascabayar, tagihan akan termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Biaya koneksi/biaya aktivasi.
    2. Biaya berlangganan bulanan, jika ada.
    3. Biaya pemakaian minimum per bulan seperti yang tertera dalam Formulir Pendaftaran atau berdasarkan penggunaan paket promo lain yang ditentukan kemudian.
    4. Biaya penggunaan meliputi lama bicara, aktivasi  roaming, fasilitas tambahan dan air time.
    5. Biaya lainnya, seperti biaya penggantian Kartu SIM XL, biaya migrasi, biaya pemasangan kembali, dll.
    6. Pajak yang berlaku.
  • XL berhak untuk mengubah, menyesuaikan, menghentikan atau menambahkan setiap bagian dari layanan atau struktur biaya/tariff sewaktu-waktu dengan melakukan pemberitahuan terlebih dahulu karena alasan operasional maupun alasan perundang-undangan. Setiap perubahan, penghentian atau modifikasi disampaikan dalam www.xl.co.id atau media lainnya.
  • XL memandang pengalaman pelanggan sebagai sebuah hal yang penting, oleh karena itu penting bagi XL untuk memastikan bahwa semua pelanggan XL dapat mengakses atau menggunakan layanan kami. XL akan menerapkan Syarat dan Ketentuan untuk memastikan bahwa semua pelanggan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menikmati layanan XL. Syarat dan Ketentuan ini dibuat untuk melindungi mereka yang mungkin akan terpengaruh  oleh beberapa pelanggan yang menggunakan jasa atau produk untuk aktivitas lain selain penggunaan yang dimaksudkan atau tidak untuk penggunaan individu. Dalam memastikan semua pelanggan berhak mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, semua pelanggan XL hanya akan menggunakan layanan atau produk untuk penggunaan pribadi/individual, dan tidak dijinkan untuk:
    1. Menyebarkan, mengirim atau memposting junk mail, SMS serta pesan multi media seperti MMS, Video, surat berantai, pesan masal yang tidak diminta, spam atau duplikasi atau pesan yang tidak diinginkan (komersial maupun non komersial) yang berisi pesan politik, pesan penipuan, menawarkan promosi palsu, iklan promosi, pinjaman keuangan, rekrutmen atau berbagai jenis penyalahgunaan pesan lainnya;
    2. Mengirim pesan teks berupa SMS tanpa pandang bulu atau serentak ke sejumlah telepon selular dimana pesan teks tersebut tidak untuk penggunaan pribadi dan dimaksudkan untuk tetapi tidak terbatas pada segala bentuk pesan-pesan politik, iklan, penipuan, pemasaran atau tujuan promosi;
    3. Melakukan pola panggilan telepon yang tidak biasa yang tidak konsisten dengan penggunaan normal, indvidual, misalnya panggilan-panggilan regular berdurasi pendek ke beberapa nomor dalam waktu singkat atau penyalahgunaan panggilan lainnya;
    4. Menyebarkan, mengirim, atau memposting materi atau informasi yang tidak patut, tidak sopan, memfitnah, melanggar, mengandung pornografi, pelecehan, mengancam, mengganggu, melanggar peraturan yang berlaku, menggunakan bahasa yang tidak pantas dan/atau materi atau informasi  yang melangagar hukum;
    5. Mengiklankan atau menawarkan untuk menjual atau membeli barang dan jasa untuk tujuan non-personal;
    6. Mendistribusikan surat kepada pihak lain tanpa  izin untuk didistribusikan;
    7. Mengumpulkan dan/atau menyebarkan informasi tentang orang lain atau alamat email mereka tanpa persetujuan yang bersangkutan;
    8. Mengirimkan atau meng-upload informasi atau materi yang mengandung virus, worm, Trojan horse, bom waktu, membatalkan bots atau program lain yang berbahaya, merusak atau dekstruktif;
    9. Menjual atau menyediakan layanan XL kepada pihak ketiga tanpa persetujuan tertulis dari XL;
    10. Menggunakan layanan XL dengan perangkat lain selain telepon seluler anda atau cara-cara lain yang berdampak negative atau mengganggu layanan atau jaringan XL;
    11. Menggunakan layanan XL yang  memberi pengaruh negative pada jaringan XL atau pengalaman pelanggan menjadi  terganggu dalam mengakses layanan XL, mengganggu keamanan atau kapasitas jaringan, tidak reasonable, eksessive dan tidak propossional yang mengkontribusi terjadinya kongesti, berdampak  buruk pada tingkat layanan jaringan  atau arus data yang sah, menurunkan kinerja jaringan, penyebabkan  gangguan pada jaringan atau pelanggan lainnya;
    12. Penggunaan layanan XL untuk tujuan illegal atau melanggar hukum, termasuk penggunaan yang melanggar peraturan yang berlaku;
    13. Penggunaan layanan XL khususnya layanan  Data dengan berbagai cara yang mengalahkan atau menghalangi, mengganggu jaringan atau system XL, termasuk namun tidak terbatas pada perangat lunak berbahaya atau “malware” yang dirancang, sengaja atau tidak sengaja, untuk menyusup ke sistem jaringan atau computer seperti spyware, worm, Trojan Horse, rootkit, dan/atau crimeware : serangan “penolakan layanan” terhadap host jaringan atau pengguna individu, dan “spam” atau email komersial atau email massal yang tidak diminta (kegiatan-kegiatan  yang memiliki efek memfasilitasi email komersial yang tidak diminta atau bulk email yang tidak diminta);
  • XL akan mempertahankan jaringan dengan upaya terbaiknya dan akan memperbaiki setiap kerusakan atau gangguan terhadap jaringan XL sesegera mungkin. XL dapat memberikan kompensasi kepada pelanggaran atas kerugian langsung yang diakibatkan oleh kerusakan tersebut kecuali kerusakan tersebut disebabkan adanya kondisi Force Majeure.
  • Pelanggan bertanggung jawab atas Kartu SIM XL mereka sendiri dan berkewajiban untuk mempertahankan Kartu SIM dibawah tanggung jawabnya. Semua biaya yang berkaitan dengan penggunaan Kartu SIM XL akan menjadi tanggung jawab pelanggan termasuk tunggakan denda dan/atau biaya tambahan lainnya, serta pajak yang akan dibebankan ke nomor pelanggan. Pelanggan juga bertanggung jawab untuk biaya jika ada kartu SIM digunakan orang lain.
  • Pelanggan dapat segera melaporkan kepada XL Customer Service melalui telepon atau secara tertulis jika Kartu SIM XL hilang atau dicuri, dan XL akan segera memblokir Kartu SIM XL tersebut. Setiap biaya atau penggunaan Kartu SIM sebelum diterimanya laporan pelanggan akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan. Pelanggan mempunyai hak atas penggantian kartu SIM XL yang hilang atau rusak dan XL mempunyai hak untuk membebankan biaya administrasi dan biaya lain yang berlaku untuk penggantian kartu SIM XL tersebut.
  • XL berhak untuk menangguhkan atau menonaktifkan nomor XL/ layanan XL, mengakhiri kontrak, atau untuk melakukan pemblokiran setiap saat tanpa terlebih dahulu melakukan pemberitahuan kepada Pelanggan, jika:
    1. XL mendeteksi adanya gangguan pada layanan XL atau pada pelanggan lain yang disebabkan oleh peristiwa sebagaimana dimaksud dalam ayat 5 diatas.
    2. Terdapat laporan keluhan dari pelanggan lain mengenai gangguan seperti SMS spamming, junk mail, atau penipuan.
    3. Pelanggan telah menggunakan identitas palsu atau identitas yang salah atau menggunakan identitas milik orang lain secara tidak sah.
    4. Bagi pelanggan pascabayar yang mendapatkan limitasi kredit, penggunaan telepon atau biaya pemakaian telah melampaui batas kredit yang diberikan oleh XL.
    5. Bagi pelanggan pascabayar, biaya pelanggan untuk pasca bayar telah melampaui jatuh tempo pembayaran yang telah ditentukan oleh XL atau gagal untuk menyelesaikan penagihan dalam waktu satu bulan setelah jatuh tempo.
    6. Bagi pelanggan prabayar, gagal melakukan top up kredit dalam jangka waktu sesuai dengan masing-masing paket / program setelah tanggal kadaluarsa.
    7. Bagi pelanggan pascabayar, jika persyaratan langganan belum terpenuhi (berdasarkan hasil survey di lapangan).
    8. Ada permintaan dari instansi yang berwenang / pemerintah.
    9. Ada indikasi penyalahgunaan Kartu SIM XL dengan cara apapun yang berbahaya bagi jaringan XL atau pelangan lain.
    10. Pelanggan melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan.
    11. Pelanggan dinyatakan oleh hukum, dalam keadaan bangkrut.
    12. Pelanggan telah meninggal dunia (dengan permintaan ahli waris).
  • XL tidak bertanggung jawab atas klaim, kewajiban, dan/atau kompensasi yang terkait dengan penggunaan Kartu SIM XL atau layanan, terhadap kerusakan yang terjadi sebagai akibat dari penyalahgunaan kartu oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab, terjadinya Force Majeure, penggunaan jaringan tetap atau infrastruktur atau perangkat lain yang berkaitan dengan layanan yang disediakan, untuk cedera fisik, penyakit, risiko kesehatan atau kerusakan lain yang terjadi kepada pelanggan atau kepada orang lain.Jika ada sengketa antara XL dengan pelanggan, para pihak sepakat untuk menyelesaikan secara musyawarah dan mufakat. Jika musyawarah tidak tercapai, para pihak sepakat untuk menyelesaikan secara hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
  • Migrasi Kartu SIM XL akan dilakukan oleh XL setelah semua persyaratan berlanganan telah dipenuhi oleh pelanggan.
  • Syarat dan Ketentuan dapat diubah oleh XL setiap saat, dimana perubahan tersebut akan diinformasikan di www.xl.co.id atau di media lainnya.
  • Setiap logo dan/atau aplikasi logo dan/atau merek atas layanan, konten, produk, dan fitur milik XL sebagaimana terdapat di Situs ini berada dibawah perlindungan hukum yang berlaku di Indonesia. Anda tidak dibenarkan untuk menggunakan, mengimplementasikan dan mengaplikasikan logo dan/atau aplikasi logo tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari XL. Seluruh materi yang terdapat dalam Situs ini dibuat oleh XL, oleh karena itu XL memegang hak cipta penuh atas materi tersebut yang diberikan dan dijamin oleh hukum yang berlaku di Indonesia termasuk namun tidak terbatas pada Undang-undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Apabila ada individu maupun badan hukum yang menemukan bahwa material yang terdapat dalam Situs ini adalah miliknya, dapat segera menginformasikan kepada XL dan XL akan segera menghapusnya dari Situs ini.
  • Dengan mengakses dan/atau berlangganan Layanan yang terdapat di Situs, Anda telah setuju untuk tunduk pada Syarat dan Ketentuan Layanan serta Anda telah setuju untuk menggunakan Layanan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku di Indonesia. Apabila Anda tidak ingin tunduk pada Syarat dan Ketentuan Layanan yang terdapat di Situs ini, Anda dilarang menggunakan atau mengakses Layanan yang terdapat di Situs ini. XL setiap saat dapat mengubah Syarat dan Ketentuan Layanan dan perubahan ini akan berlaku pada saat perubahan tersebut diposting di Situs. Dengan Anda menggunakan Layanan yang terdapat di Situs berarti melahirkan perjanjian antara Anda dan XL, dan Anda diwajibkan untuk mempelajari Syarat dan Ketentuan Layanan secara berkala dengan mengakses Situs ini. Dengan ini Anda setuju untuk mempelajari Syarat dan Ketentuan Layanan di Situs secara berkala dan dengan Anda tetap menggunakan seterusnya Layanan yang terdapat di Situs merupakan bentuk penerimaan atas Syarat dan Ketentuan Layanan beserta perubahannya.
  • Penggunaan Anda atas Situs ini harus tunduk pada hukum dan peraturan perundangan dalam wilayah Republik Indonesia. Anda menjamin bahwa Anda akan hanya menggunakan Situs dan Layanan yang terdapat di Situs sesuai dengan Ketentuan Penggunaan dan/atau Syarat dan Ketentuan Layanan dan/atau sesuai dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Anda setuju untuk membebaskan dan/atau melindungi XL atas segala tuntutan maupun, gugatan pihak lain mengenai namun tidak terbatas pada hal-hal yang mungkin terjadi sehubungan dengan (1) penggunaan Anda atas Situs dan/atau atas Layanan yang terdapat pada Situs; dan/atau (2) pelanggaran atas Ketentuan Penggunaan Situs dan/atau Syarat dan Ketentuan Layanan yang terdapat pada Situs ini. Pelanggan XL yang telah melakukan pendaftaran untuk menjadi pelanggan Layanan dengan cara apapun (dengan mengisi formulir berlanggaran secara tertulis atau dengan pendaftaran secara elektronik), dengan ini menyatakan setuju dan tunduk pada ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan Layanan tersebut.
  • Layanan International Roaming diluar Indonesia tersedia di negara-negara tertentu. XL berhak menurut kebijaksanaan XL untuk menentukan Pelanggan yang memenuhi syarat untuk Layanan International Roaming tersebut.
  • Situs ini mungkin menyediakan link ke situs pihak lain. Link dimaksud tidak memperlihatkan bahwa XL menyetujui dan bertanggung jawab atas konten situs pihak lain tersebut. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa dengan ini XL tidak bertanggung jawab atas konten atau materi lainnya yang ada pada situs pihak lain tersebut.
 
  • Ketentuan Prabayar

  • Starter pack XL hanya dapat diaktifkan di daerah sebagaimana dimaksud dalam starter pack dan selama periode berlakunya. XL starter pack yang telah kadaluarsa tidak dapat digunakan juga tidak dapat dikembalikan ke XL.
  • Saat mengaktifkan starter pack XL, pelanggan harus mengisi data pribadi dengan benar dan lengkap.
  • Setiap pelanggan yang ingin mengubah tarif panggilan dasar melalui UMB *123# untuk pertama kali tidak dikenakan biaya. Untuk perubahan selanjutnya, pelanggan akan dikenakan biaya yang ditentukan oleh XL dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Panggilan paket dasar adalah panggilan berdasarkan paket yang tercantum dalam starter pack.
  • Pelanggan berhak mengganti kartu XL yang hilang atau rusak dan XL berhak mengenakan:
    1. Biaya administrasi sesuai ketentuan
    2. Biaya-biaya lainnya
 
  • Ketentuan Pascabayar

  • Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku jika semua persyaratan berlangganan telah dipenuhi dan disetujui oleh XL dan Kartu SIM XL tidak akan dialihkan kepada pihak lain tanpa persetujuan terlebih dahulu dari XL.
  • Seorang pelanggan yang layanan jasanya telah ditangguhkan atau dihentikan akan dianggap sebagai pemohon baru, jika ia ingin berlangganan layanan XL, ia akan diminta untuk memenuhi semua persyaratan berlangganan.
  • XL berhak untuk menambah atau mengurangi  batas kredit bagi pelanggan berdasarkan kebijakan XL, jika penggunaan telepon atau biaya penggunaan dianggap melampaui batas penggunaan wajar (dimana biaya pemakaian  telah mencapai 75% dari batas kredit yang telah diberikan dalam kurang dari 7 hari pemakaian). Batas kredit tidak akan berlaku bila pelanggan melakukan roaming internasional.
  • Pelanggan wajib menginformasikan kepada  Customer Servis XL untuk setiap perubahan dalam data pribadi mereka, khususnya perubahan alamat pelanggan harus diinformasikan kepada Customer Service XL 1 (satu) minggu sebelum pindah ke alamat baru.
  • Jika kontrak telah diakhiri oleh salah satu dengan alasan yang tercantum dalam angka 9 Syarat dan Ketentuan Umum. pelanggan harus segera membayar sekaligus jumlah terhutang, baik oleh pelanggan itu sendiri dan/atau oleh penerusnya berdasarkan hukum yang berlaku. XL dan pelanggan sepakat untuk mengesampingkan pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia, yaitu untuk pemutusan kontrak tidak memerlukan keputusan pengadilan.
  • XL akan mengirimkan tagihan bulanan kepada pelanggan atas layanan yang telah disediakan oleh XL kepada pelanggan dan pelanggan wajib membayar tagihan secara penuh dalam waktu yang ditentukan. Penagihan akan dikirim oleh XL dalam format elektronik (website atau email). Jika pelanggan memilih pencetakan tagihan, maka pelanggan akan dikenakan tarif penagihan XL yang berlaku. Jika ada perbedaan dari jumlah tagihan antara perhitungan tagihan oleh pelanggan dan penagihan yang tercatat di XL, maka yang tercatat pada XL yang akan berlaku.
  • Jika pelanggan berhenti berlangganan layanan XL, pelanggan harus membayar penuh semua kewajibannya berdasarkan ketentuan dalam kontrak, dimana pengakhiran tersebut akan berlaku sampai semua kewajiban pelanggan kepada XL telah dipenuhi.
  • Dalam hal pelanggan memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit, pelanggan memberikan hak kepada XL untuk mentransfer sistem pembayaran kartu kredit pelanggan menjadi pembayaran otomatis, ke bank yang mengeluarkan kartu kredit, termasuk tetapi tidak terbatas jika ada perubahan dalam kartu kredit atau nomor kartu kredit atau masa berlaku kartu kredit.
  • Pelanggan menyetujui bahwa ketentuan dalam berlangganan dapat berubah sewaktu-waktu. Perubahan tersebut akan diterapkan setelah tiga puluh hari kalender setelah pemberitahuan sebelumnya kepada pelanggan melalui website atau media lainnya.
 
  • Ketentuan Program Promosi

  • Syarat dan Ketentuan ini, termasuk butir 5 dalam Syarat dan Ketentuan Umum di atas berlaku untuk semua program promosi yang dijalankan oleh XL dari waktu ke waktu. Setiap program dapat memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Jika terdapat  perbedaan antara syarat dan ketentuan ini dengan syarat dan ketentuan masing-masing program maka syarat dan ketentuan masing-masing yang berlaku.
  • XL dapat menjalankan program promosi dari waktu ke waktu, yang akan diinformasikan atau dikomunikasikan di www.xl.co.id atau di media lainnya. Informasi tersebut berupa penjelasan program, peserta yang memenuhi syarat, masa berlaku dan informasi lain yang diperlukan. Setiap perubahan atau penyesuaian terhadap program promosi tersebut akan diberitahukan di www.xl.co.id atau media lainnya.
  • Program promosi hanya berlaku bagi peserta yang memenuhi syarat dan dalam jangka waktu sebagaimana ditentukan dalam pemberitahuan yang berlaku. Jika periode tersebut tidak ditentukan dalam pemberitahuan, maka program promosi akan berakhir pada hari program promosi ditutup.
  • Kecuali ditentukan lain dalam pemberitahuan program promosi tersebut, program promosi tidak akan berlaku selama periode yang ditetapkan oleh Pemerintah, termasuk namun tidak terbatas pada dua hari dari hari Raya idul Fitri, 25 Desember dan 1 Januari.
  • Program promosi ini ditujukan hanya untuk penggunaan pribadi dan individu pelanggan XL.
  • Pengenaan biaya atau tarif dari setiap program promosi dilakukan oleh sistem XL. XL akan menjaga agar sistem bekerja dengan sebaik-baiknya. Namun, XL tidak akan bertanggung jawab untuk penngenaan biaya atau  kesalahan tarif yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak tepat program promosi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan ini.
  • XL berhak untuk menangguhkan atau menghentikan program promosi sewaktu-waktu jika XL mendeteksi adanya gangguan pada layanan XL atau pelanggan lain dan/atau terjadi pelanggaran terhadap syarat dan ketrentuan.
 
  • Definisi

  • XL adalah PT XL Axiata Tbk., sebuah perseroan terbatas berstatus terbuka yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia dan bergerak dibidang operator jaringan telekomunikasi bergerak seluler  dengan menngunakan sistem GSM (Global System for Mobile Communication).
  • Layanan XL yaitu setiap layanan, produk, program promosi yang ditawarkan oleh XL dari waktu ke waktu.
  • Pelanggan adalah orang, badan hukum, atau instansi pemerintah yang berlangganan dan/atau menggunakan jaringan XL atau layanan, baik pelanggan prabayar maupun pascabayar.
  • Kartu SIM (Subscriber Identity Module) XL adalah kartu yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses jaringan telepon seluler XL dengan memasukkan kartu ke handset atau perangkat serupa.
  • Force Majeure adalah suatu peristiwa atau efek yang tidak dapat diantisipasi atau dikendalikan oleh XL atau diluar kendali XL yang menyebabkan layanan atau jaringanXL tidak dapat digunakan dengan baik, yang meliputi namun tidak terbatas pada:
    1. Bencana alam, seperti gempa bumi, badai, kecelakaan, banjir, perang, atau kerusuhan.
    2. Tindakan Pemerintah, peraturan perundang-undangan baru, setiap perubahan pada undang-undang dan peraturan yang berlaku yang menyebabkan XL tidak dapat memberikan layanan kepada pelanggan.
 
 
Contoh Periode Tagihan Kepada Pelanggan:
 

 

Live Chat Support (beta)

Start Chat