Kebijakan Whistleblowing

Mekanisme Whistleblowing

Mekanisme Whistleblowing dibuat sebagai sarana penyampaian laporan apabila seseorang menemukan hal-hal atau tindakan yang diduga melanggar hukum atau kode etik Perseroan.

Mekanisme Pelaporan Pelanggaran berlaku untuk semua karyawan Perseroan tanpa kecuali dan tidak terbatas pada :

  1. Pemangku kepentingan.
  2. Dewan Komisaris.
  3. Direksi.
  4. Karyawan Tetap.
  5. Karyawan Kontrak.
  6. Karyawan yang dipekerjakan dari pihak ketiga.

 

Proses Pengaduan

Apabila karyawan Perseroan menemukan perilaku  atau tindakan yang diduga melanggar hukum atau tindakan yang melanggar kode etik di tempat kerja dan karyawan tersebut tidak nyaman untuk membicarakannya melalui prosedur normal, maka mereka dapat melaporkannya melalui mekanisme pelaporan pelanggaran. Pelaporan dapat dilakukan dengan cara menghubungi nomor telepon (021) 579 59800 atau melalui surat elektronik dengan alamat whistle@xl.co.id.

 

Perlindungan Bagi Pelapor

Komite independen yang menerima pelaporan akan melindungi dan menjaga kerahasiaan pelapor serta memberikan jaminan perlindungan bagi pelapor atas ancaman yang mungkin timbul akibat pelaporan tersebut.

 

Penanganan Pengaduan

Komite Independen berfungsi sebagai penghubung bagi pelapor yang akan melaporkan dugaan tindakan melanggar hukum dan/atau kode etik bisnis. Komite ini berperan dalam menerima informasi, keluhan, dan laporan, kemudian melakukan investigasi atas informasi, keluhan, dan laporan tersebut. Selanjutnya dari hasil investigasi tersebut, komite akan membuat rekomendasi dan mengambil keputusan. Jika diperlukan, maka Direksi akan diikutsertakan dalam proses pengambilan keputusan tersebut.

 

Pihak yang Mengelola Pengaduan

Pihak yang mengelola pelaporan pelanggaran adalah komite independen yang anggota-anggotanya diangkat oleh Direksi.

 

Hasil dari Penanganan Pengaduan

Apabila dari hasil investigasi terlapor terbukti bersalah, maka akan ditindak sesuai dengan Peraturan Perusahaan dan undang-undang yang berlaku. Hingga akhir 2014 terdapat 5 Pengaduan kepada Komite Independen yang semuanya sudah ditindaklanjuti dan diselesaikan XL

Question on Our Corporate Governance?
Please Contact:

Murni Nurdini

Sekretaris Perusahaan