Kebijakan Whistleblowing

Mekanisme Whistleblowing

Mekanisme Whistleblowing dibuat sebagai sarana penyampaian laporan apabila ditemukan hal-hal atau tindakan yang diduga melanggar hukum atau kode etik Perseroan. Mekanisme Pelaporan Pelanggaran berlaku untuk semua pihak internal maupun eksternal tanpa kecuali dan tidak terbatas pada :

  1. Dewan Komisaris.
  2. Direksi.
  3. Karyawan Tetap.
  4. Karyawan Kontrak.
  5. Karyawan yang dipekerjakan dari pihak ketiga

 

Proses Pengaduan

Apabila karyawan Perseroan (pihak internal) ataupun pihak eksternal menemukan perilaku atau tindakan yang diduga melanggar hukum atau kode etik yang dilakukan oleh karyawan perseroan, dan tidak nyaman untuk membicarakannya melalui prosedur normal, maka dapat melaporkannya melalui saluran pengaduan dibawah ini:

  1. Menghubungi nomor telepon (021) 579 59800
  2. Melalui surat elektronik (email) dengan alamat whistle@xl.co.id.
  3. Formulir pengaduan on-line melalui website perseroan, https://www.xl.co.id/id/about-us/governance/whistleblowing

 

Perlindungan Bagi Pelapor

Whistleblowing Office (“WBO”) adalah unit yang dibentuk untuk menerima pelaporan yang akan melindungi dan menjaga kerahasiaan pelapor serta memberikan jaminan perlindungan bagi pelapor atas ancaman yang mungkin timbul akibat pelaporan tersebut.

 

Penanganan Pengaduan

WBO akan menerima segala laporan, informasi, keluhan dari pihak internal maupun eksternal mengenai dugaan tindakan melanggar hukum dan/atau kode etik Perseroan. Setelah menerima laporan, unit WBO akan melakukan proses penanganan pengaduan sesuai kebijakan yang telah digariskan perseroan, dengan arahan dari Komite Whistleblowing. Dari proses penanganan pengaduan oleh unit WBO, Komite Whistleblowing akan membuat rekomendasi kepada Komite Disiplin (Defalcation Committee) yang ditunjuk oleh Direksi.

 

Pihak yang Mengelola Pengaduan

Segala bentuk laporan melalui saluran pengaduan yang telah disediakan akan dikelola oleh unit WBO, yang berada dalam organisasi Audit and Risk Management..

 

Hasil dari Penanganan Pengaduan

Apabila dari hasil penanganan pengaduan, terlapor terbukti bersalah, maka akan ditindak sesuai dengan Peraturan Perseroan dan hukum / undang-undang yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

Mari kita ciptakan XL Axiata menjadi lingkungan yang aman, adil dan jujur dalam bekerja



Load Form

Laporan Pengaduan

Ukuran berkas harus kurang dari 5 MB.
Jenis file yang diperbolehkan: jpg jpeg png pdf.
Ukuran berkas harus kurang dari 5 MB.
Jenis file yang diperbolehkan: jpg jpeg png pdf.

Pertanyaan lebih lanjut tentang Tata Kelola Perusahaan?
Hubungi :

Murni Nurdini

Sekretaris Perusahaan