Syarat dan Ketentuan XL Tunai

PASAL I: DEFINISI

  1. Agen adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan XL dalam penyelenggaraan XL Tunai.
  2. Akun XL Tunai Dormant adalah akun XL Tunai yang tidak digunakan dalam kurun waktu tertentu secara berturut-turut untuk melakukan transaksi dan akan dikenakan biaya administrasi per bulannya. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.xl.co.id
  3. Batas Saldo XL Tunai tipe Premium adalah Rp 10 Juta & tipe Basic adalah Rp 2 Juta.
  4. Batas Transaksi (Akumulasi) XL Tunai tipe Premium & Basic adalah Rp 20.000.000,00 (dua puluh juta) per Bulan, khususnya untuk semua transaksi yang bersifat incoming.
  5. Telepon Selular adalah perangkat komunikasi selular yang dipakai Pemegang untuk mengakses layanan XL Tunai.
  6. Isi Ulang/Cash In adalah layanan transaksi pengisian ulang saldo XL Tunai yang dapat dilakukan melalui tunai, ATM, XL Center, atau sarana lainnya yang akan ditentukan XL kemudian hari.
  7. Layanan XL Tunai adalah layanan uang elektronik yang dapat diakses oleh pemegang akun XL Tunai melalui telepon selular atau sarana lainnya yang akan ditentukan XL di kemudian hari sebagai media penggunaan XL Tunai.
  8. Merchant adalah perorangan atau badan yang bertindak sebagai penjual barang/jasa yang memiliki toko fisik maupun toko virtualyang bekerja sama dengan XL.
  9. Minta PIN adalah permintaan PIN bagi Pemegang tipe Basic tanpa PIN.
  10. Pembayaran adalah layanan transaksi pembayaran tagihan maupun transaksi di Merchant yang didebet langsung dari saldo akun XL Tunai Pemegang.
  11. Pembelian adalah layanan transaksi pembelian melalui XL Tunai yang didebet langsung dari saldo akun XL Tunai Pemegang.
  12. Pemegang adalah pihak yang menggunakan layanan uang elektronik.
  13. Pemegang Akun XL Tunai Premium adalah Pemegang akun XL Tunai yang sudah mengisi formulir registrasi dan melampirkan fotokopi kartu identitas atau yang telah melakukan registrasi melalui sarana lain yang ditentukan oleh XL di mana Pemegang dapat melakukan pembayaran, pembelian, transfer, dan tarik tunai. 
  14. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang dibuat saat pendaftaran akun XL Tunai dan/atau saat Pemegang melakukan akses Minta PIN, yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pemegang serta harus dicantumkan/dimasukkan oleh Pemegang XL Tunai pada telepon selular pada saat menggunakan layanan.
  15. Simcard adalah identitas pelanggan penyedia jasa telekomunikasi yang digunakan dengan telepon selular.
  16. Teknologi USSD adalah proses atau teknologi untuk pertukaran informasi teks antara sebuah telepon seluler dan aplikasi pada jaringan operator dengan menggunakan kode akses digit yang diawali dengan tanda * dan diakhiri dengan tanda #, dalam hal ini menggunakan *808#.
  17. Token adalah kata kunci dinamis yang dikirimkan ke nomor telepon selular Pemegang XL Tunai.
  18. XL Tunai adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD (atau teknologi lainnya yang akan ditentukan XL di kemudian hari) dan telepon selular untuk melakukan transaksi keuangan di mana nomor telepon selular pemegang merupakan nomor akun pemegang XL Tunai dan transaksi keuangan dilakukan dalam mata uang Rupiah.
  19. XL Center adalah cabang atau kantor perwakilan XL yang beroperasi di wilayah Indonesia.
  20. Partner adalah pihak yang telah bekerja sama dan diakui secara resmi oleh XL.
  21. Tipe Akun XL Tunai
BasicPremium
Tanpa RegistrasiRegistrasi melalui XL Center, Retail Outlet (RO), Agent/Merchant, atau via sarana lain sesuai ketentuan.

Limit Akun: Rp 2 Juta

Limit Transaksi: Rp 20 Juta/Bulan (incoming)

Limit Akun: Rp 10 Juta

Limit Transaksi: Rp 20 Juta/Bulan (incoming)

 

Opsi PIN untuk keamananDilengkapi PIN untuk keamanan
Jenis transaksi yang dapat dilakukan: Minta Token Belanja, Beli Pulsa, Pembayaran, dan Belanja OnlineJenis transaksi yang dapat dilakukan: Minta Token Belanja, Beli Pulsa, Pembayaran, Belanja Online, Kirim Uang, dan Tarik Uang
Tidak dapat dicairkanDapat dicairkan sebagian atau seluruhnya tanpa tutup akun
.

PASAL II: PENDAHULUAN

  • Penggunaan XL Tunai dan Layanan XL Tunai oleh Pemegang setiap saat tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini berikut dengan segala perubahannya di kemudian hari yang ditetapkan dari waktu ke waktu oleh XL.
  • Jika Pemegang tidak menyetujui atau tidak dapat terikat baik sebagian maupun seluruh Syarat dan Ketentuan ini, maka Pemegang tidak diperbolehkan untuk menggunakan XL Tunai dan Layanan XL Tunai.
  • Dengan melakukan pendaftaran dan membuka Akun XL Tunai, Pemegang dengan ini menyatakan dan menjamin:
    • Bahwa Pemegang, pada saat menggunakan XL Tunai telah cakap hukum berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia; dan berdomisili di wilayah Republik Indonesia.
    • Pemegang telah membaca, memahami kemudian menyatakan setuju dan sepakat untuk terikat dengan seluruh syarat dan ketentuan penggunaan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    • Pemegang telah atau akan membaca dan memahami, serta telah melakukan verifikasi sendiri sebelum memberi persetujuan atas suatu data transaksi dan jumlah yang dibayarkan oleh Pemegang, dengan demikian Pemegang membebaskan XL dari segala kesalahan atau ketidakakuratan data transaksi ataupun jumlah yang dibayarkan oleh Pemegang.
    • XL berhak untuk menolak aplikasi XL Tunai apabila hasil verifikasi data calon Pemegang tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di Indonesia.
    • Apabila Pemegang masuk dalam kategori yang disebutkan pada poin (d) di atas, maka Pemegang akan didaftarkan sebagai Pemegang tipe Basic dengan PIN.

PASAL III: XL TUNAI

  1. XL Tunai hanya dapat dipergunakan di wilayah Republik Indonesia dengan menggunakan mata uang Rupiah.
  2. Akun XL Tunai dibukakan oleh XL bagi Pemegang berdasarkan permohonan pendaftaran yang diajukan oleh Pemegang dan disetujui serta diaktivasi oleh XL.
  3. Pemegang dengan ini memberi izin, persetujuan, kuasa, dan kewenangan kepada XL untuk melakukan segala tindakan yang dinilai baik dan perlu oleh XL untuk memastikan kebenaran Identitas Pemegang; Walaupun demikian, Pemegang menjamin bahwa identitas serta data dan informasi yang diberikan oleh Pemegang ke XL benar dan akurat, dan lebih lanjut menjamin untuk melakukan pembaharuan data dan informasi setiap kali terjadi perubahan atas data dan informasi Pemegang.
  4. Pemegang dapat menambah nilai saldo dalam Akun XL Tunai dengan melakukan Isi Ulang Saldo melalui XL Center, Partner, jaringan Bank atau cara-cara lainnya yang tersedia.
  5. Layanan XL Tunai terdiri dari transaksi tunai berupa penyetoran dan/atau penambahan saldo (isi ulang) serta tarik tunai, permintaan informasi saldo, pembayaran tagihan atas transaksi dengan Merchant, pembelian barang atau jasa melalui Partner, pembelian pulsa operator, pengiriman uang, dan transaksi lainnya yang disediakan oleh XL.
  6. Saldo uang elektronik yang tersimpan dalam XL Tunai bukan merupakan saldo tabungan sehingga XL tidak memberikan bunga dan tidak termasuk dalam kategori dana yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
  7. Transaksi pembayaran dan pembelian dapat dilakukan di Merchant dan Partner yang telah bekerja sama dengan XL dengan mengikuti prosedur dan ketentuan yang ditetapkan XL.
  8. Transaksi Pemegang disimpan secara elektronik di dalam server. Pemegang dapat melihat saldo akun XL Tunai melalui akses dengan menggunakan telepon selular.
  9. XL berhak untuk sewaktu-waktu melakukan perubahan atas detail fitur, manfaat, biaya, dan hal lain yang terkait dengan XL Tunai, serta Syarat dan Ketentuan XL Tunai yang akan diberitahukan melalui media pemberian informasi/pengumuman yang lazim digunakan XL untuk keperluan tersebut, seperti melalui pengumuman pada www.xl.co.id  atau media lain yang mudah diakses oleh Pemegang akun XL Tunai.
  10. Pemegang memahami bahwa XL bukan merupakan lembaga perbankan, dan jasa pelayanan yang diberikan kepada Pemegang merupakan jasa untuk proses pembayaran atas transaksi jual-beli barang dan/atau jasa, serta pengiriman dan penarikan uang dengan menggunakan uang elektronik.

Setiap transaksi jual-beli atas barang dan/atau jasa yang dilakukan oleh Pemegang dalam Layanan XL Tunai tunduk pada persyaratan dan ketentuan yang diatur oleh XL.

PASAL IV: PENYELENGGARAAN LAYANAN

  1. Segala tindakan yang dilakukan oleh XL dalam Layanan XL Tunai dilakukan atas dasar instruksi dan permintaan dari Pemegang, yang untuk itu Pemegang memberi izin, persetujuan, kuasa dan instruksi dan permintaan yang diterima dari Pemegang.
  2. Dalam menyelenggarakan Layanan XL Tunai, XL bertindak sebagai penyedia sistem dan fasilitas pengiriman uang serta pembayaran atas transaksi dengan menggunakan uang elektronik yang dilakukan Pemegang.
  3. Transaksi Jual-Beli.
    1. XL bukan, dan tidak dapat dianggap sebagai penyedia fasilitas jual-beli atas barang dan/atau jasa, dan Pemegang mengakui secara tegas bahwa XL tidak memiliki kendali atau kekuasaan terhadap barang dan/atau jasa yang dijual oleh Merchant maupun Partner.
    2. XL tidak memberi jaminan apapun, baik terhadap Merchant maupun Partner, barang dan/atau jasa yang diperjual-belikan, pengiriman barang, pelaksanaan jasa, ataupun transaksi jual-beli yang dilakukan oleh Merchant dan Partner, yang semua itu merupakan tanggung jawab Merchant dan Partner.
    3. Segala hal dan permasalahan yang timbul atas transaksi jual-beli barang dan/atau jasa, termasuk tapi tidak terbatas pada spesifikasi dan kelengkapan barang dan/atau jasa, pengiriman barang, pelaksanaan jasa, bukan merupakan tanggung jawab XL dan harus diajukan oleh Pemegang kepada Merchant maupun Partner yang bersangkutan.
  4. XL akan mengenakan biaya layanan atas penggunaan XL Tunai yang akan dipotong dari saldo XL Tunai Pemegang sebagai berikut:
    1. Biaya transfer ke rekening bank sesuai ketentuan yang  berlaku sebesar Rp 6.500,-.
    2. Biaya pencairan dana di merchant non-bank sebesar Rp 5000,- s.d Rp 10.000,-.
    3. Biaya transfer uang antar pengguna XL Tunai sebesar Rp 500,-.

      Pengenaan biaya layanan akan diinformasikan kepada Pemegang sebelum transaksi dilakukan oleh Pemegang

  5. Dalam hal terjadi perubahan biaya layanan sebagaimana dimaksud pada butir 4.4, XL akan menginformasikannya kepada Pemegang.

PASAL V: SYARAT PENGGUNAAN

  1. Pemegang menjamin hanya menggunakan XL Tunai dan Layanan XL Tunai untuk membayar dan menyelesaikan kewajiban Pemegang dalam transaksi jual-beli barang dan/atau jasa dengan Merchant maupun Partner, pembelian pulsa operator, pengiriman uang serta tujuan lainnya yang secara tegas diperbolehkan oleh XL dan tidak untuk maksud dan tujuan lain.
  2. Pemegang hanya dapat menggunakan XL Tunai untuk melakukan transaksi selama saldo dana dalam akun XL Tunai tersebut mencukupi.

PASAL VI: PEMBLOKIRAN, PEMBUKAAN BLOKIR, RE-ISSUE DAN PENUTUPAN XL TUNAI

  1. Untuk kepentingan Pemegang akun XL Tunai, XL atas pertimbangan sendiri berhak memblokir akun XL Tunai dalam hal terdapat kesalahan PIN sebanyak 3 (tiga) kali pada saat mengakses/melakukan transaksi ataupun karena hal-hal lain yang menurut pertimbangan XL data menimbulkan kerugian bagi pemegang XL Tunai.
  2. Atas perintah pejabat instansi yang berwenang, XL dapat memblokir akun XL Tunai sampai ada instruksi lebih lanjut dari pejabat instansi yang berwenang untuk membuka kembali akun XL Tunai.
  3. XL berdasarkan pertimbangannya sendiri berhak menutup akun XL Tunai jika akun tersebut disalahgunakan, termasuk tapi tidak terbatas untuk menampung dan/atau untuk melakukan kejahatan dan/atau untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan masyarakat atau pihak dan/atau XL berdasarkan alasan dan pertimbangan lain yang semata-mata ditetapkan oleh XL.
  4. Atas permintaan Pemegang XL Tunai antara lain dikarenakan hilangnya telepon selular atau Simcard, Pemegang XL Tunai dapat meminta XL untuk melakukan pemblokiran akun XL Tunai melalui Call Center 817 dan/atau XL Center.
  5. Apabila setelah dipertimbangkan masih terdapat kewajiban Pemegang XL Tunai kepada XL, maka Pemegang XL Tunai wajib melunasi kewajibannya tersebut.
  6. Pemegang dapat melakukan reaktivasi akun XL Tunai melalui XL Center dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku & membawa Simcard XL Pemegang yang bersangkutan. XL berhak melakukan penolakan untuk memproses reaktivasi XL Tunai yang diajukan apabila data Pemegang tidak sesuai dengan data yang tersimpan pada sistem XL dan syarat & ketentuan lainnya yang ditentukan oleh XL.

PASAL VII: PENGEMBALIAN SALDO AKUN XL TUNAI (REDEEM)

  1. Pemegang Akun XL Tunai Premium dapat melakukan Redeem atas saldo dana yang terdapat dalam akun XL Tunai melalui XL Center dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku & membawa Simcard XL Pemegang yang bersangkutan.
  2. Pelaksanaan Redeem ini hanya dapat dilaksanakan apabila:
    1. Pemegang ingin menutup akun XL Tunai.
    2. Pemegang dengan status akun XL Tunai Dormant.

PASAL VIII: PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUKUM

  1. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan diartikan menurut hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
  2. Dalam hal terjadi perselisihan maka Para Pihak akan menyelesaikannya secara musyawarah mufakat, apabila tidak tercapai kata mufakat maka akan diselesaikan melalui pengadilan di mana sesuai domisili tergugat.

PASAL IX: HAK MILIK INTELEKTUAL

Hak cipta, merek, paten serta hak-hak milik intelektual yang terkandung dalam atau berkaitan dengan XL Tunai dan layanan XL Tunai termasuk tapi tidak terbatas pada (i) dokumentasi, (ii) materi dalam implementasi dan manajemen layanan XL Tunai serta laporan-laporan, dan (iii) seluruh penemuan atau informasi yang dikembangkan oleh XL dalam kaitannya dengan XL Tunai dan Layanan XL Tunai tetap berada pada XL.

PASAL X: KERAHASIAAN

Seluruh informasi pribadi Pemegang yang disampaikan dalam proses pendaftaran Layanan XL Tunai akan dijaga kerahasiaannya oleh XL sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

PASAL XI: FORCE MAJEURE

Yang dimaksud dengan “Force Majeure” adalah kejadian-kejadian atau peristiwa-peritiwa yang terjadi di luar kehendak dan kuasa serta kendali XL, yang mengakibatkan XL tidak dapat melaksanakan kewajibannya sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini, dikarenakan hal-hal termasuk tetapi tidak terbatas pada: huru-hara, perang, pemberontakan, bencana alam, epidemi, dan sebab-sebab lain di luar kekuasaan XL.

PASAL XII: PENGAKHIRAN

  1. XL berhak melakukan blokir dan/atau membekukan akun XL Tunai Pemegang sehingga Pemegang tidak dapat melakukan transaksi, tanpa ada kewajiban melakukan pemberitahuan terlebih dahulu, bilamana terjadi salah satu kejadian di bawah ini:
    1. Pemegang tidak memenuhi atau melanggar sebagian maupun seluruh Syarat dan Ketentuan.
    2. Pernyataan atau keterangan yang diberikan oleh Pemegang kepada XL, menurut pertimbangan XL adalah tidak benar.
    3. Pemegang meninggal dunia, maka hak dan kewajibannya akan diteruskan oleh ahli warisnya yang sah.
  2. Untuk Pemegang dengan tipe Basic, pengakhiran penggunaan Layanan XL Tunai dapat dilakukan dengan cara menutup akun XL Tunai di XL Center terdekat, saldo dana tidak dapat dicairkan. Untuk Pemegang dengan tipe Premium, pengakhiran penggunaan Layanan XL Tunai dapat dilakukan dengan cara menutup akun XL Tunai di XL Center terdekat dan saldo dana dapat dicairkan.
  3. Pemegang dan XL berkewajiban menyelesaikan seluruh kewajiban yang belum diselesaikan pada saat pengakhiran penggunaan Layanan XL Tunai.

PASAL XIII: TANGGUNG JAWAB PEMEGANG XL TUNAI

  1. Pemegang bertanggung jawab terhadap keamanan Simcard beserta telepon selular yang digunakan sebagai media untuk mengakses XL Tunai yang dimilikinya dengan melakukan pemeliharaan dan penyimpanan yang memadai guna mencegah terjadinya kegagalan proses akibat tidak berfungsinya Simcard dan telepon selular yang digunakan Pemegang, pencurian maupun penyalahgunaan dan/atau kejahatan lainnya oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.
  2. Pemegang bertanggung jawab untuk memperlakukan secara rahasia data-data yang bersifat pribadi, di antaranya tapi tidak terbatas pada: kode pengguna, kode rahasia, PIN dan lainnya.
  3. Pemegang bertanggung jawab atas setiap transaksi yang dilakukan termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan memilih menu transaksi, kesalahan memasukkan nomor akun, dan kesalahan memasukkan nominal. Untuk itu, Pemegang wajib mengikuti setiap petunjuk dalam melakukan transaksi yang keliru, menjadi beban Pemegang.
  4. Dengan memperhatikan segala ketentuan tersebut di atas, Pemegang dengan ini bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian dan tuntutan yang ditimbulkan selain karena kesalahan dan/atau kegagalan sistem XL, oleh penyalahgunaan dan/atau pelanggaran dan/atau kejahatan atas XL Tunai, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dikarenakan dan/atau kesalahan, tindakan ketidak hati-hatian, atau kecerobohan serta penyalahgunaan kode pengamanan oleh Pemegang dan XL dilepaskan dari segala kerugian dan tuntutan yang timbul dari Pemegang dan pihak ketiga manapun.
  5. Dalam hal terjadi kesalahan dan/atu kegagalan sistem XL yang mengaktifkan kerugian bagi pemegang, XL hanya bertanggung jawab atas nilai kerugian uang elektronik pelanggan.

PASAL XIV: LAIN-LAIN

  1. Pemegang setuju atas permintaan XL, akan memberikan dan/atau mengkonfirmasi informasi yang diperlukan XL sehubungan dengan data Pemegang, akun maupun data keuangan Pemegang.
  2. Pemegang setuju bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas layanan XL Tunai dan layanan XL lainnya, XL dapat menggunakan dan/atau memberikan data Pemegang kepada pihak lain yang bekerja untuk XL dengan memperhatikan ketentuan perundangan yang berlaku.
  3. XL dapat mengubah Syarat dan Ketentuan XL Tunai ini dengan pemberitahuan kepada Pemegang atau diumumkan melalui www.xl.co.id dan media pemberian informasi/pengumuman yang lazim digunakan.
  4. Terhadap hal-hal yang tidak diatur secara khusus dalam Syarat dan Ketentuan ini, Pemegang menyatakan tunduk pada seluruh ketentuan dan prosedur operasional yang seumumnya berlaku pada XL terkait dengan pelaksanaan transaksi dan layanan lainnya seperti namun tidak terbatas dan prosedur verifikasi baik verifikasi tanda tangan maupun verifikasi secara elektronik.
  5. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan XL Tunai ini, Pemegang mengikatkan dan menyatakan bahwa XL telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik produk XL Tunai yang akan dimanfaatkan oleh Pemegang dan Pemegang telah mengerti dan memahami segala konsekuensi pemanfaatan produk XL Tunai, termasuk manfaat, risiko, dan biaya-biaya melekat pada produk XL Tunai.

PASAL XV: PENGADUAN KELUHAN

  1. Pertanyaan dan keluhan Pemegang terkait layanan XL Tunai, dapat disampaikan secara lisan melalui Call Center XL 817 dan melalui XL Center.
  2. XL akan melakukan verifikasi data Pemegang XL Tunai dengan berpedoman pada data Pemegang yang tersimpan pada sistem XL. XL berhak melakukan penolakan untuk memproses pertanyaan dan keluhan yang diajukan Pemegang terkait layanan XL Tunai dalam hal data Pemegang yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Pemegang yang tersimpan pada sistem XL.
  3. XL akan melakukan pemeriksaan/investigasi atas pengaduan Pemegang serta memberikan jawaban kepada Pemegang sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di XL setelah XL menerima keluhan/pengaduan secara lengkap.
  4. Perkiraan mengenai waktu penyelesaian pengaduan pelanggan akan diinformasikan saat Pemegang menghubungi Call Center XL 817 atau XL Center.

KETENTUAN TAMBAHAN

Dengan menandatangani formulir aplikasi ini, saya selaku pemohon menyatakan dan menerima hal-hal sebagai berikut:

  1. Telah membaca, mengerti dan menerima “Syarat dan Ketentuan” dan karenanya saya setuju untuk tunduk dan terikat pada syarat dan ketentuan tersebut. Saya telah mendapat penjelasan yang cukup dari petugas dan telah memahami karakteristik dari produk XL Tunai yang akan digunakan serta telah menerima konsekuensi dari penggunaan produk tersebut.
  2. Menjamin bahwa setiap data, keterangan dan tanda tangan yang tercantum dalam pembukaan XL Tunai dan dokumen lain yang terkait dengan XL Tunai adalah benar dan sah, serta berkewajiban untuk segera memberitahukan secara tertulis perubahan nama, alamat, nomor telepon, NPWP, dan lainnya.
  3. Dalam hal bukti identitas yang diberikan kepada XL tidak terdapat tanda tangan, maka tanda tangan yang berlaku secara sah adalah tanda tangan yang terdapat pada formulir ini.
  4. Bersedia menerima informasi melalui pesan singkat dan surat-menyurat.
  5. Dikenakan biaya tambahan untuk fitur, manfaat, dan hal lain yang terkait dengan penggunaan layanan XL Tunai.